Relawan Haul Ramai-Ramai Membersihkan Beras di Irigasi Riam Kanan

0 323

UNTUK keperluan konsumsi jamaah haul ke-14 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, ratusan relawan dilibatkan untuk mengolah masakan di dapur umum. Termasuk, saat membersihkan beras atau ‘mangisai’ dalam bahasa Banjar di saluran irigasi Riam Kanan, sekitar Jalan Pendidikan, Martapura, Kabupaten Banjar, Sabtu (9/3/2019).

SAAT menjelang sore, puluhan relawan haul akbar ini pun tampak bergotong royong dan bercebur diri di saluran air irigasi untuk membersihkan beras yang akan dimasak sebagai menu bagi para jamaah. Sementara, relawan lainnya menyiapkan bumbu masak dan menyiapkan lauk yang akan dibagi-bagikan kepada para jamaah, sembari menunggu datangnya waktu shalat.

Berton-ton beras dan aneka kebutuhan lauk serta rempah telah disiapkan panitia haul di dapur umum. Semua tersedia dan komplit. Puluhan ekor sapi dipotong untuk menyiapkan nasi samin yang enak dan gurih untuk disajikan kepada ribuan jamaah.

BACA :  Ribuan Jamaah Mulai Berdatangan, Warga Sekumpul Buka Dapur Umum

Puluhan pemuda relawan untuk daput umum mengangkut beras yang akan dibersihkan ke kawasan irigasi Riam Kanan di sekitar Jalan Pendidikan. Jailani (27 tahun) warga Kota Martapura mengatakan, pembersihan beras dilakukan dari dapur umum terdekat, yakni kawasan Sekumpul.

“Para relawan yang membersihkan beras itu dari dapur umum utama di kawasan Komplek Ar-Raudah, Sekumpul. Sebab, dapur umum lainnya tersebar hingga ke Bincau, Pasayangan, Tunggul Irang dan terbanyak di Desa Dalam Pagar, Kalampayan,” tutur Jailani kepada jejakrekam.com, Sabtu (9/3/2019).

BACA JUGA : Sambut Puncak Haul ke-14, Kawasan Sekumpul Martapura Mulai Menyemut

Kesibukan para relawan ini sangat terasa, ketika ribuan hingga ratusan jamah sudah memadati kawasan Sekumpul Martapura dari berbagai kota dan daerah. Tak hanya Kalsel, Kaltim dan Kalteng, juga datang dari Pulau Jawa, hingga negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura dan negara lainnya.

“Ya, jamaah yang datang sudah tak terhitung lagi, ratusan ribu lebih. Belum lagi besok merupakan puncak peringatan haul Abah Guru Sekumpul. Makanya, besok kami kembali melanjutkan membersihkan beras untuk konsumsi para jamaah haul Abah Guru Sekumpul,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.