ACT

Dukung Save Meratus, Rozanie Siap Dampingi Bupati HST HA Chairansyah

0 558

BURSA bakal calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) bergerak lagi. Ini setelah, Bupati HST HA Chairansyah resmi menanggalkan posisinya sebagai wakil bupati usai dilantik Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Mahligai Pancasila, Jumat (1/3/2019). Lantas siapa yang akan menemani Bupati HA Chairansyah sebagai Wakil Bupati HST?

SALAH satu figur yang disebut-sebut masuk bursa bakal calon Wakil Bupati HST adalah Akhmad Rozanie Himawan Nugraha. Pria yang kini tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Banjar dari Partai Nasdem ini disebut-sebut masuk deretan kandidat .

Rozanie tak menepis namanya masuk dalam bursa pendamping HA Chairansyah yang kini Bupati HST. Politisi Nasdem ini memastikan diri siap menjadi orang nomor dua di Bumi Murakarta bukan terdorong ambisi pribadinya.

“Namun, karena dorongan tokoh masyarakat HST meminta kepada saya untuk turut membangun HST. Kebetulan ayah saya (H Noor Fauzie Iberahim) merupakan mantan Sekdakab HST. Saya asli kelahiran Barabai, SMA pun tamat di kota itu. Jadi, sudah menjadi tanggungjawab moral saya untuk berkontribusi membangun HST,” ucap Akhmad Rozanie Himawan kepada jejakrekam.com, Sabtu (2/3/2019).

BACA :  Siapa Wakilnya, Chairansyah Serahkan ke Parpol Pengusung

Rozanie menyebut dirinya sudah lama didorong tokoh masyarakat HST untuk kembali mengabdi ke tanah kelahiran, tepatnya untuk maju di pemilihan bupati-wakil bupati pada 2021 mendatang.

“Karena posisi wakil bupati kosong, saya siap untuk maju mendampingi Pak Bupati HST HA Chairansyah,” kata Rozanie.

Ia menyerahkan sepenuhnya mekanisme penggodokan bakal calon Wabup HST kepada parpol pengusung Abdul Latif-HA Chairansyah pada Pilkada 2015 lalu yakni Partai Gerindra, PKS dan PBB. Rozanie memastikan kalau dirinya diberi amanah menduduki orang nomor dua di HST, siap membangun Bumi Murakarta tanpa pertambangan dan perkebunan monokultur skala besar.

“Kita sedari awal mendukung gerakan #Savemeratus, saya sering berdiskusi dengan kawan-kawan aktivis lingkungan menolak Pegunungan Meratus ditambang,” cetus Rozanie.

BACA JUGA : Jaga Meratus, Bupati HST HA Chairansyah Komitmen Lawan Tambang dan Sawit

Baginya, gerakan save meratus harus dipejuangkan semua pihak, sebab kewenangan mutlak berada di pemerintah pusat sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menjaga Bumi Murakarta agar bebas tambang dan perkebunan skala besar.

Ia meyakini HST bisa dibangun tanpa bergantung kepada sektor pertambangan dan perkebunan sawit, seperti mengoptimalkan sektor agraria dan perdagangan.

“Ayah saya waktu menjabat sekda memang menginginkan HST menjadi pusat perdagangan Banua Anam. Insya Allah, saya akan memperjuangkan cita-cita ayah saya,” tandas Rozanie.(jejakrekam)

Penulis Ahmda Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.