HMI Siap Berperan Kawal Pesta Demokrasi

0

BADAN Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kalselteng menggelar seminar Pemilu Berintegritas pada, Minggu (24/2/2019) malam, di Royal Jelita Hotel Banjarmasin. Sebagai pembicara, HMI mendatangkan komisioner KPU dan Bawaslu, serta pengurus KNPI Kalsel.

KOMISIONER KPU Kalsel Edy Ardiansyah mengatakan, generasi muda berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu, khususnya yang tergabung dalam suatu organisasi, karena memiliki basis yang kuat, sehingga transfer informasi kepemiluan mudah dilakukan dalam lingkungannya.

Edy menilai kader HMI memiliki pengetahuan yang mendalam tentang demokrasi sehingga ketika ada transfer pengetahuan kepada masyarakat tentang Pemilu tentu akan berdampak kepada kualitas demokrasi.

Komisioner Bawaslu Azhar Ridhanie menyatakan, pemuda harus berpartisipasi aktif melakukan pengawasan aktif dalam setiap tahapan Pemilu.

“Semakin banyak pihak yang berpartisipasi dalam proses Pemilu maka akan semakin matang proses demokarasi kita, khususnya dalam hal pengawasan,” kata Aldo sapaan akrabnya.

BACA : Catatan Dialog Palindangan Noorhalis : Demokrasi Tanpa Partisipasi, Hampa

Ditegaskannya, Bawaslu tidak bisa sendirian mengawasi proses Pemilu karena keterbatasan SDM. Untuk itu, Aldo menginginkan adanya keterlibatan civil society dalam mengawasi dan memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat.

Ketua Badko HMI Kalselteng Zainuddin mengatakan akan aktif berpartisipasi dalam suksesi Pemilu 2019. HMI bertekad menjaga kondusifitas Pemilu.

Zainuddin memastikan secara kelembagaan netral, namun ia memperisilahkan kader untuk menentukan dukungan. “Silakan mendukung salah satu peserta Pemilu, namun jangan sampai membawa embel-embel HMI,” tegas Zainuddin.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.