ACT

Pipa Bocor di Jalan Gubernur Syarkawi, Air Leding Mendadak Mati Total

0 934

AIR leding mendadak mati total pada Jumat (15/2/2019) malam, sekitar pukul 18.30 Wita. Warga Simpang Limau, Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin mengaku heran dengan kondisi itu. Selidik punya selidik, ternyata pipa transmisi yang menyalurkan air baku dari Intake Sungai Tabuk ke Instansi Pengolahan Air (IPA) Pramuka milik PDAM Bandarmasih mengalami kebocoran.

AKIBAT pipa transmisi berdiameter 1.200 milimeter di Jalan Gubernur Syarkawi atau Jalan Lingkar Utara, Sungai Tabuk, air pun keluar seperti air mancur dan memenuhi ruas jalan, Jumat (15/2/2019).

Dampaknya, distribusi air leding mati total di beberapa wilayah. Di antaranya, Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan dan sebagian Banjarmasin Utara. Di mana air bersih itu diproduksi di IPA Pramuka.

Humas PDAM Bandarmasih Wahid membenarkan adanya kebocoran pipa di Jalan Gubernur Syarkawi. Menurutnya, pipa itu adalah pipa air baku yang berada dari Sungai Tabuk menuju ke Pematang dan selanjutnya dikirim ke IPA Pramuka.

BACA :  Sering Perbaikan Pipa Bocor, YLK Kalsel Pertanyakan Kinerja PDAM Bandarmasih

“Jadi, sampai sekarang masih dalam tahap penggalian dan mulai off,” kata Wahid kepada jejakrekam.com, Jumat(15/2/2019).

Wahid memperkirakan akan dilakukan pengerjaan mulai pukul 21.00 Wita. Mengingat timnya saat ini sedang mempersiapkan alat bantu perbaikan, berupa alat berat.

Terkait lama pengerjaannya, Wahid belum bisa memastikan, sebab, masih belum mengetahui berapa kebocoran pipanya. Sehingga perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

“Nanti akan kita kabarkan secepatnya setelah air ataupun setelah tanah digali lagi yang digali dari Sungai Tabuk menuju IPA Pramuka,” ucapnya.

Wahid mengabarkan lagi saat ini masih dalam pengeringan di lokasi pipa yang bocor. Menurut dia, tim teknis juga tengah meneliti penyebab pecahnya pipa, hingga bocor dan menyemburkan air ke ruas jalan.

“Kenapa pipa itu sampah pecah masih dicari penyebabnya. Begitu ada perkembangan lainnya, kami akan segera sampaikan ke publik,” pungkas Wahid.

BACA JUGA :  Pipa PDAM Bocor, Dua Hari Pasokan Air Leding di Banjarmasin Utara Mati Total

Sementara itu, Zainab, warga Simpang Limau, Kelurahan Sungai Lulut mengaku terkejut ketika air tiba-tiba mati, saat dirinya tengah mengisi bak mandi. “Waktu sore tadi, air masih lancar, begitu habis Maghrib langsung mati total. Kami tak tahu apa penyebabnya,” kata Zainab.

Dia berharap agar PDAM Bandarmasih segera memperbaiki pipa yang dikabarkan bocor di Jalan Gubernur Syarkawi tersebut. Ini mengingat, kebutuhan air leding cukup penting bagi warga di wilayah perbatasan Kabupaten Banjar dan Banjarmasin tersebut.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.