ACT-MRI dan RM Ramania Berbagi Makan Siang Gratis

0

JUMAT (1/2/2019) menjadi berkah tersendiri bagi Septiadi. Lelaki 27 tahun itu akhirnya bisa menghemat uang untuk makan karena mendapatkan makan siang gratis yang dibagikan para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banjarmasin.

SEPTIADI  mengaku bahwa biasanya irinya membawa bekal makan siang dari rumah. “Kebetulan hari ini nggak bawa bekal dan Alhamdulillah ada pembagian makan siang gratis, jadi bisa menghemat uang makan,” ucap Septiadi yang sehari-hari bekerja sebagai seorang satpam.

Kebahagiaan itu ternyata tak hanya dirasakan Septiadi. Senyum lebar juga kerap terlihat dari wajah-wajah pemetik manfaat lainnya. Mereka adalah tukang becak, penjual jamu, tukang ojek, pedagang kaki lima dan para pengguna jalan Ahmad Yani yang melintas. Sebanyak 200 bungkus nasi dibagikan di depan kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel).

BACA : DMII dan ACT Bahas Potensi Bencana di Indonesia Beserta Upaya Mitigasnya

Luthfiannor, Salah seorang relawan MRI Banjarmasin yang ikut aksi tersebut juga mengaku ikut senang. “Alhamdulillah rasanya bahagia bisa ikut meringankan beban orang lain. Program seperti ini masih sangat diperlukan masyarakat. Semoga bisa berlanjut,” ungkap Luthfi sembari tersenyum.

Aksi berbagi makan siang gratis itu merupakan kerjasama dari Rumah Makan (RM) Ramania dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel). Hj Sadinem selaku owner RM Ramania menjelaskan bahwa program berbagi pangan sudah kerap Ia lakukan.

“Sebelumnya, biasanya berbagi sembako dan dikerjakan sendiri bersama keluarga, tapi pas sudah tahu ada ACT ya dititipkan saja ke ACT untuk dibagikan kepada yang memerlukan,” tuturnya.

BACA JUGA: MRI dan ACT Respon Cepat Korban Puting Beliung di Gambut

Hj Sadinem rupanya punya kebiasaan unik. Setiap hari Jumat, Ia akan menyisihkan uang dari konsumen pertama ke kotak khusus. Setelah terkumpul selama dua atau tiga bulan, maka uang tersebut dia gunakan untuk kegiatan sosial.

“Jumat itu salah satu hari yang baik, diniatkan untuk mencari berkah saja,” jawab Hj Sadinem, ketika ditanya soal kebiasaannya tersebut.

Kepala Cabang ACT Kalsel Arie Setiawan mengapresiasi kerjasama yang terjalin dengan RM Ramania.

“Gerakan kebaikan seperti ini lah yang harus kita dorong terus agar kedermawanan dan kemanusiaan senantiasa terhubung. Di sinilah ACT hadir dengan semangat kerelawanan, menjadi jembatan kebaikan bagi siapa saja,” terang Arie. Ia berharap makin banyak para dermawan yang mau bergabung dalam aksi sedekah pangan.

“Sedekah pangan hadir sebagai upaya menjawab persoalan kemiskinan. Dimana dengan sebungkus nasi, bisa jadi ada banyak kepala keluarga yang pulang membawa uang lebih dari hari biasanya,” imbuh Arie.(jejakrekam)

Penulis Retno Sulisetiyani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.