Khusus CJH Kalsel, Pembuatan Paspor Dilayani Hari Sabtu dan Minggu

0

PELAYANAN khusus akan diberikan Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin untuk calon jamaah haji (CJH) dalam pengurusan paspor. Tiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu dibuka pelayanan penerbitan dokumen paspor bagi CJH embarkasi haji Banjarmasin tahun 2019 ini.

“JADI, tiap akhir pekan, para CJH yang ingin mengurus pembuatan paspor untuk pemberangkatan ke Tanah Suci musim haji disediakan waktu pelayanannya pada hari Sabtu dan Minggu,” ucap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin, Syahrifullah di hadapan CJH asal Banjarmasin di Aula Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Rabu (30/1/2019).

Ia memastikan pada tiap akhir pekan itu, pihaknya mampu melayani sedikitnya 150 CJH untuk melengkapi dokumen keberangkatan sebagai syarat utama menunaikan ibadah rukun Islam kelima itu.

BACA :  Tercatat, 2.027 CJH 2019 Kalsel Belum Mengantongi Paspor Haji

Mengapa dipilih hari khusus itu, Syahrifullah beralasan demi pelayanan lebih optimal bagi para calon tamu Allah, karena pada hari biasa cukup padat untuk pelayanan pendaftaran dan pembuatan paspor secara online.

“Dengan motto melayani bukan dilayani, inilah yang dilakukan pihak Kantor Imigrasi Banjarmasin saat ini. Jadi, masyarakat tidak terbebani dalam pembuatan paspor,” cetusnya.

Menurut Syahrifullah, layanan pembuatan paspor bagi CJH juga bisa dilakukan di Unit Layanan Paspor (ULP) Barabai di Hulu Sungai Tengah (HST). Hanya saja, dia menyebut pelayanan buka setiap hari kerja yakni pada hari Senin hingga Jumat atau jam kerja normal.

“Di ULP Barabai bisa melayani CJH berasal empat kabupaten yakni Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kanim Banjarmasin pun Ikut Mengantar Paspor

Saat ini, diakui Syahrifullah, pihaknya menunggu proses kelengkapan berkas dari Kantor Kementerian Agama kabupaten dan kota di Kalsel. Hingga sekarang, baru Kota Banjarbaru yang telah lengkap memasukkan input data ke Kantor Imigrasi Banjarmasin.

“Bagi CJH Kota Banjarbaru yang telah lengkap berkasnya, selanjutnya akan dilakukan perekaman data pada pekan kedua bulan Februari nanti,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.