16 Halaman Berita Tabloid Indonesia Barokah yang Bikin Heboh

0

GEGER pengiriman Tabloid Indonesia Barokah dengan cover karikatur seorang dalang bersorban dengan wayang berbentuk superhero Batman versus jago kungfu, Bruce Lee, akhirnya sampai pula ke Kalimantan Selatan. Gara-gara berita berbau tendensius, jagat politik Indonesia heboh dengan beredarnya tabloid itu, hingga memetik kontroversi antar dua kubu berlaga di Pilpres 2019.

TABLOID itu terbilang cukup sederhana, namun isinya memancing reaksi berbagai pihak. Hanya terdiri 16 halaman dengan 13 macam rubrik berita. Termasuk, judul berita menohok seperti Prabowo Marah, Media Dibelah, masuk dalam laporan utama tabloid itu.

Kantor Redaksi Tabloid Indonesia Barokah pun beralamat di Jalan Haji Kerenkemi, Rawa Bacang, Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ternyata, alamat ini usai dicek polisi adalah fiktif.

Utama  berita utama atau headline terdapat dalam cover depan Tabloid Indonesia Barokah berjudul Reuni 212: Kepentingan Umat atau Kepentingan Politik? Sedangkan, berita kedua dan seterusnya berjudul; Agenda Hizbut Tahrir Melawan Negara-Bangsa, Obor Rakyat, Asal Usul Fitnah Jokowi PKI & Antek Asing, Khawarij: Awal Radikalisme Atas Nama Islam.

BACA :  Tak Hanya di Kalsel, Tabloid Indonesia Barokah Nyaris Beredar di Kalteng

Sedangkan di bagian bawah Tabloid Indonesia Barokah dalam beritanya menyinggung hubungan Wahabi, Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir dan ISIS.

Modus pengiriman pun terbilang cukup rapi. Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Iwan Setiawan mengungkapkan dari 44 koli berisi 50 hingga 20 amplop, selanjutnya dalam satu amplop berisi tiga hingga lima eksemplar Tabloid Indonesia Barokah itu justru dikirim dengan alamat jelas.

“Ya, dikirim untuk masjid-masjid dan pondok pesantren yang ada di Kalimantan Selatan. Bahkan, di amplop surat itu sudah tercantum nama penerima di seluruh 13 kabupaten dan kota di Kalsel. Termasuk, beberapa kabupaten dan kota di Kalteng dan Kaltim,” kata Iwan Setiawan kepada awak media, usai memeriksa ribuan eksemplar termuat dalam 44 koli kiriman Tabloid Indonesia Barokah di Mail Post Center (MPC) PT Pos Banjarmasin Cabang Banjarmasin di Banjarbaru, Selasa (29/1/2019).

BACA JUGA  :  Tiga Koli Tabloid Indonesia Barokah Rencananya Diedarkan ke Kalteng

Lantas siapa pengirimnya? Iwan Setiawan yang juga mantan Ketua Panwaslu Banjarbaru ini mengakui tidak tercantum jelas. Hanya tercantum MPC Jakarta Selatan, selanjutnya dikirim berantai ke MPC Surabaya, hingga mendarat di MPC Banjarmasin.

“Terungkapnya pengiriman Tabloid Indonesia Barokah ini berawal dari informasi Bawaslu RI. Memang, tabloid ini berada hampir di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kalsel,” ucap Iwan Setiawan.

Untuk mengantisipasi beredarnya Tabloid Indonesia Barokah itu, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah bersama Sentra Gakkumdu Kalsel terdiri dari Polda Kalsel dan Kejati Kalsel, langsung bergerak ke Sentral Pengelolaan Pos (SPP), Jalan Achmad Yani Km 23, Landasan Ulin, Banjarbaru.

BACA LAGI:  Tak Hanya Pulau Jawa, Tabloid Indonesia Barokah Juga Rambah Kalsel

Apalagi, sebelumnya, pada Senin (28/1/2019), telah diamankan empat koli berisi 416 amplop berisi tiga hingga lima eksemplar Tabloid Indonesia Barokah, hingga berlanjut pada Selasa (29/1/2019), diamankah sebanyak 44 koli kiriman dari MPC Jakarta Selatan itu.

“Untuk proses hukumnya, saat ini barang bukti ini diamankan di Kantor Panwascam Landasan Ulin sambil berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu Kalsel,” imbuh Iwan Setiawan.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.