Saling Serang Dalam Politik, Fahri Hamzah Nilai Indonesia Dilanda Krisis Kepemimpinan

0

WAKIL Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menyebut Indonesia sedang dilanda krisis kepemimpinan. Bukannya apa-apa, lihat saja fakta di lapangan: dia mengklaim para elit kekuasaan malah sibuk berseteru terkait persoalan sepele.

CONTOHNYA, Fahri memberi kasus seperti suguhan yang debat capres-cawapres yang digelar beberapa waktu lalu yang luput dari persoalan yang substansial. “Padahal, kita bisa untuk punya pemimpin, yang, begitu dia ngomong: kita langsung percaya ini orang bisa menyelesaikan masalah kita,” ujar politisi Senayan ini dalam Dialog Kebangsaan Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) Kalsel di Hotel G’Sign Banjarmasin, Minggu (27/1/2019).

Alih-alih melulu berkonflik, Fahri menyarankan para elit harus mengubah strategi politik agar lebih sehat. Misalnya, dengan membuka ruang-ruang diskusi yang penuh dengan optimisme, memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dan meningkatkan peran volunterisme dalam bidang kepemudaan.

BACA: Fahri Hamzah : GARBI Ingin Indonesia Menjadi Negara Besar di Dunia

“Indonesia sangat memerlukan orang-orang yang memang memberikan keyakinan kepada bangsanya. Seperti pidatonya John F. Kennedy: we choose to go to the Moon. Nah, Indonesia naik kemana?,” kata Fahri berkelakar.

Ketimbang memikirkan hal-hal yang tidak krusial, dia juga menyarankan para elit keluar dari sikap pesimistis. Fahri heran dengan politisi yang masih ada saja melakukan praktik saling ancam dan menghancurkan dalam perpolitikan.

Masalah krisis kepemimpinan, menurut Fahri jelas sangat berpengaruh terhadap kondisi negara selanjutnya jika tak dibenahi. “Sehingga kita ini seperti jelek semua. Dan bangsa ini tidak percaya lagi dengan pemimpinnya yang dianggapnya maling,” katanya. (jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.