ACT

Edy Ariansyah ‘Dilengserkan’, Sarmuji Diputuskan Ketua KPU Kalsel

0 3.131

ADA kabar mengejutkan dari KPU Provinsi Kalimantan Selatan. Edy Ariansyah akhirnya ‘dilengserkan’ sebagai ketua dalam rapat pleno komisioner KPU Kalsel pada Rabu (23/1/2019) siang. Pengganti Edy Ariansyah adalah Sarmuji didampuk tiga komisioner lainnya sebagai ketua.

RAPAT pleno yang dihelat para komisioner ini kabarnya telah mendapat persetujuan dari KPU RI. Ini menuntaskan polemik berkepanjangan di tubuh lembaga penyelenggara pemilu di Kalsel, karena selama Edy Ariansyah dinilai ‘one man show’ selama kepemimpinannya. Puncaknya, para komisioner dan staf KPU Kalsel pun mendesak agar digelar rapat pleno untuk penggantian pimpinan lembaga itu.

Dikonfirmasi jejakrekam.com, Rabu (23/1/2019), soal hasil rapat pleno pergantian ketua tak ditepis Edy Ariansyah. Mantan Ketua Panwaslu Banjar ini mengakui dari hasil rapat pleno yang juga dihadiri dirinya telah menetapkan Sarmuji sebagai Ketua KPU Kalsel, menggantikan dirinya.

“Yang pasti, saya tidak dilengserkan, hanya rolling ketua saja. Ini kesepakatan dalam rapat pleno tadi di KPU Kalsel,” kata Edy Ariansyah.

BACA :  Empat Komisioner Sepakat, Edy Ariansyah Jabat Ketua KPU Provinsi Kalsel

Ia menegaskan KPU merupakan lembaga negara yang menerapkan pola kolektif kolegial, sehingga posisi masing-masing itu setara. Jabatan ketua dinilai Edy Ariansyah juga merupakan hasil rapat pleno internal KPU, sehingga jika forum menghendaki terjadi perubahan tidak bisa dihindari.

Menurut Edy, dirinya kini dipercaya memegang divisi sosialisasi pemilu di KPU Kalsel sebagai anggota KPU biasa, bukan lagi ketua. “Yang pasti, saya menginginkan agar KPU tetap solid dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu 2019 yang sudah semakin dekat pada puncaknya,” tutur Edy.

Ia menegaskan dirinya tidak pernah kecewa, apalagi marah dengan koleganya di KPU Kalsel atas penggantian dirinya. “Biasa saja, dalam organisasi semacam KPU itu terjadi pergantian ketua. Ya, bisa jadi semua komisioner akan bergantian menjadi ketua,” ucapnya.

BACA JUGA :  KPU Kalsel Tepis Anggapan Tak Peduli Generasi Milenial

Sementara itu, komisioner KPU Kalsel Hatmiati Mas’ud pun tak menepis jika Edy Ariansyah telah digantikan Sarmuji sebagai Ketua KPU Kalsel. “Ya, benar. Itu berdasar hasil rapat pleno yang telah memutuskan Pak Sarmuji sebagai Ketua KPU Kalsel,” ucapnya.

Sarmuji sendiri merupakan anggota KPU Tapin dan berpengalaman di KPU Kalsel di masa kepemimpinan Samahuddin Muharram.

Terpisah, komisioner Bawaslu Kalsel Aris Mardiono mengaku terkejut mendengar kabar ‘pelengseran’ Edy Ariansyah sebagai ketua.

BACA LAGI :  Eks Ketua KPU Kalsel Sebut KPU RI Terlalu Reaktif Sikapi Hoaks

“Kalau memang diputuskan penggantian ketua dalam rapat pleno itu sudah benar. Karena keputusan tertinggi di KPU adalah rapat pleno. Lagipula, masalah penggantian ketua itu urusan internal KPU, bukan wewenang Bawaslu Kalsel untuk mengomentarinya,” tandas Aris Mardiono.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan/Didi GS
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.