Tindak Pidana yang Ditangani Polres Balangan Mengalami Penurunan

0

DIBANDING tahun sebelumnya, tingkat tindak pidana pada tahun 2018 di Balangan mengalami penurunan.

CATATAN Polres Balangan, penurunan angka kejahatan pada 2018 turun sebanyak sembilan kasus. “Secara angka tindak pidana turun sebanyak 9 kasus. Dengan jumlah 235 kasus dan yang terselesaikan 214 kasus atau 88 persen,” ujar Kapolres Balangan AKBP M Zamroni pada press conference akhir tahun 2018, Senin (31/12/2018).

Dari 235 kasus, bebernya, kasus terbanyak yang terjadi adalah tindak pidana ringan, seperti tidak memiliki ktp, minuman keraa, dan sebagainya dengan 48 kasus. Sementara, narkoba 36 kasus, senjata tajam 19 kasus, dan kejahatan konvensional lainnya 15.

“Kami mengamankan 230 tersangka. Banyaknya kasus tipiring ini berkat inisiatif anggota di lapangan yang intensif melaksanakan giat,” ujarnya.

BACA : Terberat Sabu 20 Kilogram, Kasus Narkoba Meningkat Tajam di Kalsel

Kasus menonjol kedua adalah narkoba. Dimana pada 2018  kasusnya naik dibandingkan 2017, kemudian obat-obatan daftar G, tetapi persentasinya kecil.

“Sedangkan kasus lakalantas di Balangan, ditekan 53 persen, yakni dari 17 kasus menjadi 8 kasus,” ucapnya.

Adapun untuk konflik sosial di Balangan di 2018 dalam suasana pesta demokrasi terdapat beberapa potensi konflik yang selama 2018 intensif dipantau Polres Balangan.

Pihaknya juga intensif memantau terkait tapal batas desa agar tidak terjadi konflik, serta antara perusahaan dan masyarakat terkait tumpah tindih kepemilikan tanah.

“Untuk reward, sebanyak 40 personel yang dapat, baik yang anggota di operasional maupun staf, sedangkan yang mendapatkan punishment 6 orang,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.