15 Sopir Angkutan Umum di Balangan Tes Urine, Satu Terindikasi Positif Gunakan Narkoba

0

BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNN) Kabupaten Balangan bersama Satres Narkoba Polres Balangan secara mendadak melakukan tes urine kepada sopir angkutan penumpang antar kota/kabupaten dalam provinsi di Terminal Pengujian Kir Dishub Balangan, Rabu (19/12/2018).

DARI 15 sopir yang dites urine, satu sopir positif menggunakan narkoba jenis methamphetamin atau dikenal dengan nama sabu-sabu.

Kasat Narkoba Polres Balangan AKP Fadillah mengungkapkan, tes urine untuk mengantisipasi agar pengemudi angkutan umum tidak mengkonsumsi miras dan narkoba, yang bisa membahayakan keselamatan penumpangnya.

Selain itu, kata dia, tes urine ini juga sebagai upaya dalam pencegahan dan pemberantas penyalahgunaan narkoba. “Dari 15 sopir yang dites urine, ada satu sopir yang terindikasi positif menggunakan narkoba jenis methamphetamin, sedangkan 14 orang lainnya tidak terindikasi positif narkoba,’’ bebernya.

BACA : Razia 4 THM, Dites Urine, 6 Pengunjung Diduga Konsumsi Narkoba

BACA JUGA : Tangkal Narkoba Masuk di Perbatasan Kalsel, Empat Pelaku Berhasil Diamankan

Pihaknya sudah melakukan pengembangan terhadap temuan sopir yang terbukti positif mengunakan narkoba dalam tes uren tersebut. “Kami sudah melakukan interogasi kepada yang bersangkutan,” bebernya.

Ia mengatakan, sopir tes urinenya positif menggunakan narkoba, maka yang bersangkutan tidak diizinkan untuk mengemudi. “Kami akan terus bekerjasama dengan BNN dalam mencegah dan memberantas peredaran gelap narkoba di Bumi Sanggam,” tegasnya.

Plt Kasi Pemberantasan BNN Kabupaten Balangan M Rapie mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kerjasama pihaknya dengan Polres Balangan terkait masalah narkoba, yakni usaha besama dalam menangani permasalahan, pencegahan, dan pemberantas penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, lanjutnya, tes urine merupakan langkah yang diambil BNN bersama Kepolisian guna memberikan rasa aman dan nyaman, serta menjaga keselamatan pengguna jasa angkutan umum antar kabupaten dalam provinsi.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.