Warga Batu Ampar Ancam Bertindak Anarkis Jika Selalu Dikalahkan

0

WARGA Batu Ampar, Tanah Laut, mengancam akan bertindak anarkis jika konflik lahan warga yang memiliki bukti kepemilikan lahan selalu kalah di jalur hukum.

HAL ini ditegaskan perwakilan warga Eko Siswantoro, yang mengadu bersama puluhan warga lainnya ke Komisi I DPRD Kalsel, Rabu (12/12/1018).

Pihaknya mengancam bertindak anarkis dan merusak aset perusahaan perkebunan kelapa sawit karena proses negosiasi yang sangat panjang, dan selalu dikalahkan dalam proses pengadilan akibat legal standing warga yang merupakan warga transmigrasi asal Pulau Jawa. “Kalau tidak ada jalan lain, terpaksa kita akan tempuh cara kasar,” ujarnya.

BACA : 10 Tahun Konflik Lahan di Kalsel, Rakyat Selalu Kalah

Diungkapkannya, sudah berbagai cara yang ditempuh namun selalu kalah. Bahkan konflik ratusan hektare tanah yang ditumpang-tindih oleh perusahaan sawit itu sudah sampai ke Pengadilan Tata Usaha Negara, namun juga oleh majelis hakim pihaknya dikalahkan.

Ketua Komisi I DPRD Kalsel Suripno Sumas mengatakan, akan menampung aspirasi warga dan segera melakukan pertemuan dengan BPN Kalsel sebagai fasilitator konflik lahan.

Dibeberkannya, luas lahan yang tumpang tindih antara warga dan perkebunan sawit mencapai 640 hektare dari luas lahan HGU mencapai 1.100 hektare.

Pihaknya menegaskan akan terus memantau serta mengawal penyelesaian permasalahan pertanahan warga ini. “Warga sudah menggarap lahan itu mereka sejak tahun 1970-an,” pungkasnya.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2018/12/12/warga-batu-ampar-ancam-bertindak-anarkis-jika-selalu-dikalahkan/
Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.