Air Hujan Meluap Serbu Ruang Induk Masjid Noor

0

LUAPAN air hujan disertai angin kencang yang berdurasi lebih dari dua jam di Banjarmasin pada Rabu (6/12/2018) sore, sejak pukul 15.00 hingga 17.30 Wita, membuat saluran drainase tak mampu menampung.

TERMASUK di ruas Jalan Pangeran Samudera dan Jalan Niaga yang berdekatan dengan kompleks Pasar Cempaka, Pasar Baru dan Pasar Sudimampir. Genangan air pun meninggi, hingga sekira mata kaki orang dewasa. Bahkan, ada sebagian sudah mencapai lutut.

Luapan air sudah memasuki ruang induk Masjid Noor Banjarmasin. Hingga para jamaah harus bahu membahu membuang air ke luar. Lantai keramik masjid pun tampak basah mengkilap. Kemudian, pengelola masjid dibantu warga menyikat lantai dengan air sabun, agar tak kotor.

“Semua karpet masjid terpaksa kami angkat, karena basah kuyup.  Air menyerbu ruangan induk, sehingga selepas shalat Ashar, kami terpaksa harus membuangnya ke luar menuju saluran drainase dan sungai kecil,” ucap Rudy kepada jejakrekam.com, Rabu (5/12/2018) malam.

Akhirnya semua karpet dan sajadah diangkat menuju ke lantai atas untuk dikeringkan. Menurut Rudy, ketika air masuk bercampur lumpur, sehingga harus dibersihkan agar tak mengotori lantai masjid. Warga dan pengelola masjid pun terus membuang luapan air ke luar, hingga malam hari.

BACA : Macet, Pohon Median Jalan Patah, Kawasan Kayutangi Direndam Banjir

“Kami tidak menyangka air bisa masuk ke ruangan masjid. Padahal, biasanya hanya berada di pelataran, itu pun kalau air dari hujan lebat itu tak bisa tersalurkan di jaringan drainase yang ada,” tutur Rudy lagi.

Ramli, warga Jalan Pekapuran Raya pun mengungkapkan luapan air sebagian tak bisa ditampung anak-anak sungai yang mengarah ke Sungai Martapura. Hasilnya, pemukiman warga di bantaran sungai pun terendam.

“Malah air masuk ke rumah, setinggi mata kaki. Ada pula setengah lutut orang dewasa. Ya, hujan sangat lebat pada hari ini,” kata Ramli.

Tak hanya Masjid Noor serta kawasan Pasar Cempaka dan lainnya terendam, Rumah Sakit Sari Mulia yang berada di Jalan Pangeran Antasari turut diserbu luapan air hujan. Tampak pula, para petugas membersihkan lantai yang tergenang air, terutama di ruangan tunggu pasien yang berada di lantai bawah.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.