Teladani Sikap Nabi Muhammad, Kerukunan Keluarga Bakumpai Gelar Peringatan Maulid

0

LANTUNAN shalawat bersahut-sahutan di Sekretariat Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB), Jalan HKSN, Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara. Wadah perkumpulan warga Bakumpai ini menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (24/11/2018). Meneladani akhlak rasulullah, mempererat silaturahmi antar sesama anggota.

Momentum kelahiran nabi jelas diharapkan bukan untuk acara seremonial belaka. Ketua Harian KKB, Hairudinor menyebut peringatan maulid mestinya semakin meningkatan rasa kecintaan Umat Islam terhadap rasulullah. Serta mempratikan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Peringatan ini harus menjadi ajang mempererat lagi simpul ukhuwah islamiyah antar masyarakat khususnya jajaran keluarga Bakumpai, semoga kedepannya peringatan hari besar Islam menjadi agenda rutin kita,” tambah Hairudin yang juga merupakan akademisi FISIP ULM.

BACA: Mayoritas Bermukim di DAS Barito, KKB Siap Berikan Pemikiran Terbaik

Sementara itu, Ustaz Mispansyah dalam ceramah agamanya menjelaskan betapa dekatnya Sang Nabi dengan Alquran. Dia menambahkan, hidup di bawah naungan Alquran adalah kenikmatan yang luar biasa. Apalagi jika sampai menghayatinya, dapat mengangkat derajat manusia serta memberikan berkah dan membersihkan kehidupan ini dari segala bentuk kekotoran.

“Saya mempunyai pengalaman pribadi bagaimana Alquran menolong kehidupan. Waktu menjalani proses pengerjaan disertasi di Universitas Hasanudin, saya menemui jalan buntu karena tidak mendapatkan inspirasi,” terang akademisi FH ULM ini.

Saat menghadapi situasi genting, Ustaz Mispansyah hanya bisa membaca Alquran hingga khatam. Berharap mendapat ilham yang dari yang maha Kuasa.

“Alhamdulillah berkat membaca Alquran proses Disertasi saya dapat berjalan dengan lancar. Kesulitan yang sebelumnya bisa pelan-pelan diatasi,” ucapnya.

Ia berpesan hendaknya mengamalkan membaca Alquran sedini mungkin kepada anak dan istri agar kelak berkahnya bisa menerangi kehidupan sehari-hari.

“Kalau bisa membaca Alquran satu halaman perhari, maka bacalah. Jika tidak, hendaknya satu ayat perhari, kehidupan kita akan mendapatkan keberkahan,” kata Mispansyah

Dilanjutkannya, dengan setiap hari membaca Alquran maka kehidupan diri dan keluarga akan kian terarah. Khususnnya untuk mana perbuatan yang benar dan salah.

“Dan kemampuan membedakan hal tersebut adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap Muslim,” papar Mispansyah.

Ia meyakini peringatan Maulid Nabi Muhammad sebagai bentuk kegembiraan atas kelahiran dan kecintaan atas beliau dan berharap mendapatkan sya’faat nabi kelak di hari kiamat.

“Dengan momentum maulid, mudah-mudahan kita bisa di kumpulkan kelak bersama nabi di Jannah-Nya,” tandas Mispansyah.

Dalam menutup ceramahnya Ustadz Minpansyah memimpin doa untu para leluhur warga Bakumpai. Khususnya tokoh-tokoh penting seperti Sulaiman HB dan istrinya, Nurhayati.

Peringatan Maulid Nabi, Momentum Mempererat Silaturahmi KKB

Selain kepengurusan KKB, peringatan ini dihadiri tokoh-tokoh besar yang berasal dari akar rumput Bakumpai. Ambil contoh, Walikota Banjarmasin, Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali dan Bupati Barito Utara, Nadalsyah.

“Kita bersyukur Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) cukup banyak anggotanya di Kota Banjarmasin. Dengan momentum peringatan maulid menghimpun kembali masyarakat Bakumpai,” terang Matnor Ali.

BACA JUGA: Lantik Pengurus KKB, Paman Birin Ajak Warga Bakumpai Turut Bangun Kalsel

Sementara itu, Bupati Barito Utara, Nadalsyah juga senada dengan Matnor Ali. Ia merasa terhormat bisa menghadiri dan bersilaturahmi dengan warga dan tokoh Bakumpai di perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.
“Perayaan serupa bisa menjadi agenda tahunan bagi kami di KKB Barito Utara, demi untuk mempererat tali silaturahmi antar warga besar Bakumpai yang ada di Barito Utara,” ucap Nadalsyah.
Haji Koyem, sapaan Nadalsyah, menuturkan KKB sebagai ajang wadah untuk mempererat simpul kekeluargaan masyarakat Bakumpai baik di Kalsel, Kalteng hingga luar Kalimantan.
“Walaupun orang-orang tua sudah mendahului kita semua bukan menjadi penghalang untuk kita bertemu dan bersilaturahmi sesama warga Bakumpai, saya berharap silaturahmi tidak berhenti pada peringatan Maulid Nabi Muhammad namun terus berkesinambungan,”pungkasnya.

(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.