Peringati Sumpah Pemuda, SMK PP Paringin Gelar Apel Gunakan Pakaian Adat

0

SUASANA peringatan Hari Sumpah Pemuda, Selasa (28/10/2018), di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri ( SMK PPN) terasa beda dari tahun sebelumnya.

SELAIN mengelar apel bersama dengan para siswa dari sekolah lain dan mengundang peserta dari instansi lainnya, para siswa dan guru peserta apel upacara juga mengenakan pakaian adat nusantara.

Kepala SMKPPN 1 Paringin, Syahrudin mengatakan apel bersama dengan beberapa perwakilan siswa dari sekolah lain yang mengunakan pakaian adat serta mengundang instansi lain yang menjadi Pembina dan peserta apel upacara ini sebagai cermin dari tekad sekolah ini melestarikan keanekaragaman budaya bangsa.

Meski ini pertama kalinya digelar, menurut Syahrudin, kegiatan ini nantinya akan pihaknya masukan dalam kalender pendidikan  di sekolah ini yang bertekad sebagai merupakan tempat mencerdaskan kader bangsa, untuk meraih prestasi, berakhlak mulia, berbudaya dan beriman.

“Kita selalu berusaha untuk terus memberikan pelajaran dan motivasi kepada para siswa betapa pentingnya persatuan dan kesatuan serta menjaga kekayaan budaya negeri ini tidak terkecuali keanekaragaman pakaian adat yang ada di Nusantara,’’ bebernya.

Selain itu, lanjut dia, penggunaan baju adat ini juga untuk menekan lagi kecintaan anak muda khususnya para siswa terhadap nilai-nilai adat dan budaya yang ada.

Lewat peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, Syahrudin berharap, tidak hanya bersifat seremonial, tapi harus dimaknai dengan menunjukan semangat anak muda dalam mencetak prestasi dan terus berkarya.

“Kita berharap para siswa bisa lebih bermutu dan berkreasi serta berinovasi membawa harum nama daerah dan bangsa. Untuk itu, momentum apel bersama dengan pakain adat ini juga kami jadikan sarana penyampaian akan pentingnya nilai sejarah, agar para siswa semua meneladani pahlawan pemuda, dimana jiwa kepemudaan dan kepeloporan harus terus ditumbuhkan, dijaga dan dipupuk,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.