Target Partisipasi 77,5 Persen, KPU Kalsel Sasar Pemilih yang Belum Terdaftar

0

MEMATOK target partisipasi pemilih di Pemilu 2019 mencapai 77,5 persen di Kalimantan Selatan, dengan dua even besar pemilihan calon legislatif dan senator serta presiden-wakil presiden, berbagai inovasi dijalankan penyelenggara pesta lima tahunan itu.

WISATA edukasi pemilu dihelat KPU Kalsel di kawasan Menara Pandang, Siring Tendean Banjarmasin, Minggu (21/10/2018) pagi. Warga urban yang menikmati jalan dan jajan pagi di kawasan tepian Sungai Martapura, bisa melihat apa dan bagaimana proses pemilu itu.

Sekretaris KPU Kalsel Basuki mengatakan sasaran dari wisata edukasi pemilu adalah menyasar para pemilih yang terdaftar bagaimana menyalurkan hak suaranya.“Dengan sistem jemput bola ke daerah tempat keramaian, utamanya di kawasan wisata dan pasar,” ucap Basuki.

Ia menilai pola semacam ini lebih efektif, mengingat KPU Kalsel tak perlu mengundang orang banyak berkumpul dalam satu ruangan guna memberikan informasi mengenai kepemiluan.

“Makanya, kami sasar di tempat keramaian. Ternyata, ada beberapa masyarakat yang belum terdaftar, kemudian kita beri informasi dan edukasi bahwa mereka harus mendaftar segera ke tempat pemungutan suara (TPS) di domisilinya,” kata Basuki.

Mengapa masih ada warga yang tak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019? Basuki menilai  hal ini mungkin saja pada waktu pendataan pemilih, kebetulan yang bersangkutan tidak berada di rumah.

“Kami langsung menginformasikan  tata cara mendaftarkan diri sebagai pemilih. Ya, untuk memudahkan masyarakat mendaftarkan diri segera ke TPS,” ucap Basuki.

Menurut dia, KPU Kalsel juga membantu nama-nama yang telah terdata dalam wisata edukasi untuk selanjutnya disampaikan ke TPS, tempat yang bersangkutan tinggal. Masih menurut Basuki, saat ini, KPU Kalsel terus menjalankan berbagai persiapan dalam tahapan Pemilu 2019, seperti pengadaan logistik pemilu.

Dia menyebut pengadaan sampul untuk surat suara dan lainnya masih dalam tahap proses. “Sedangkan untuk pengadaan oleh KPU RI berupa kotak suara dan bilik suara telah diterima KPU Kalsel pada Jumat (19/10/2018). Saat ini, barang itu sudah berada di Pelabuhan Trisakti. Rencananya, Senin (22/10/2018) akan segera didistribusikan ke KPU kabupaten dan kota di Kalsel,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.