Lahan Lebak Diharapkan Menjadi Lumbung Pangan di Musim Paceklik

0

HAMPARAN rumput tinggi dulunya menghiasi Kawasan Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala. Hal tersebut dikarenakan masyarakat enggan bercocok tanam di lahan lebak tersebut.

ITU dulu. Sekarang lahan tersebut sudah disulap menjadi areal persawahan dan hamparan padi yang menguning sudah terlihat jelas sejauh mata memandang.

“Saya apresiasi kinerja Pemprov Kalsel yang mengubah lahan lebak menjadi areal pertanian. Dari luasan 4000 hektar, 1000 hektar diantaranya sudah ditanami padi,” kata Mentri Pertanian Amran Sulaiman saat meninja lokasi puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 tahun 2018 di Desa Jejangkit Muara.

Ia mengatakan, lokasi Hari Pangan Sedunia ini dipilih di lahan rawa lebak yang sebelumnya enggan digarap sang pemilik lahan. Kini menjadi lahan yang produktif di dunia pertanian. Apalagi, dengan melihat hasil tanam padi yang ada diharapkan lokasi ini menjadi salah satu dari berbagai wilayah di Indonesia yang juga memiliki lahan rawa lebak yang luas hingga mampu menjadi penopang produksi padi dimusim panceklik.

“Pembukaan lahan rawa lebak sebagai solusi baru ini ternyata bisa menghasilkan pangan, terutama beras pada musim paceklik. Karenanya, paceklik yang terjadi berlangsung pada bulan November hingga Januari tidak akan menyebabkan stok padi nasional turun drastis,” jelas Amran.

Dengan adanya penopang stok padi, tambah Amran, generasi kita ke depan, tidak usah ragu bahwa stock kurang karena pembukaan lahan rawa lebak salah satu solusi baru untuk pangan Indonesia.

“Ini salah satu solusi untuk pangan Indonesia, dalam pengerjaan memang harus dibantu Pemerintah Daerah kemudian para petani sendiri sehingga apa yang kita inginkan dapat tercapai,” pungkas Amran.

Amran menerangkan ke depan lahan rawa diharapkan bisa menjadi solusi ketahanan pangan, ditengah cepatnya laju pertumbuhan penduduk dan keterbatasan lahan pertanian. Luas lahan rawa di Indonesia diperkirakan mencapai 33,4 juta hektare yang terdiri dari 20,14 juta hektare lahan rawa pasang surut dan 13,26 juta hektar lahan rawa lebak, 9,53 juta hektare diantaranya sesuai untuk pertanian. Lebih besar dari lahan sawah irigasi saat ini hanya seluas 8,1 juta hektare.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.