Belanja Lebih Besar Dibanding Pendapatan, RAPBD Banjarmasin 2019 Defisit

0

MESKI diwarnai insiden kecil, rapat paripurna DPRD Banjarmasin dengan tujuh agenda penting, berlangsung lancar, Senin (15/10/2018).  Di antaranya, rancangan awal perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banjarmasin tahun 2016-2021 dan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019.

GARA-gara lupa menyanyikan lagu Indonesia Raya, tahapan rapat paripurna DPRD Banjarmasin sempat diulang. Ketua DPRD Banjarmasin Hj Ananda pun memohon maaf dan mengakui kesalahannya. Ia pun meminta forum rapat untuk mengulang tahapan sidang.

Celutukan datang dari anggota DPRD Banjarmasin asal Fraksi Gerindra, Muhammad Isnaini. Sempat terjadi adu mulut, hingga menyentak ruang sidang paripurna. Tak seberapa lama, Isnaini pun lagi-lagi memilih walkout.

Isnaini merupakan salah satu anggota Banggar bersama Sri Nurnaningsih (Fraksi Demokrat) dan HA Rudiani (Golkar) yang juga mengadukan pimpinan Banggar DPRD Banjarmasin atas dugaan rapat pembahasan KUA-PPAS tahun anggaran 2019 tak memenuhi kuorum ke Badan Kehormatan Dewan.

Sementara itu, Wakil Ketua BK DPRD Banjarmasin Abdul Gais menyesalkan insiden ‘adu mulut’ antar pimpinan dewan dengan anggota terjadi dalam ruang sidang yang dianggap sakral itu.

Usai reda dalam agenda paripurna lainnya, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyampaikan pengantar nota keuangan RAPBD Banjarmasin tahun anggaran 2019.

Total pendapatan daerah yang diusulkan adalah sebesar Rp 1.338.450.778.168 atau Rp 1,3 triliun lebih. Dengan komposisi belanja daerah dianggarkan Rp 1.497.747.891.000 atau Rp 1,4 triliun lebih, terdiri dari belanja tidak langsung Rp 651 miliar lebih dan belanja langsung sebesar Rp 846 miliar lebih. Ini berarti, terjadi defisit anggaran kurang lebih Rp 159 miliar lebih.

Wakil Walikota Hermansyah menegaskan dasar acuan RAPBD 2019 adalah dokumen KUA-PPAS yang telah disetujui kedua belah hingga tercantum dalam nota kesepakatan pada 26 Agustus 2018 lalu.

Selanjutnya, RAPBD 2019 ini akan digodok sembilan fraksi yang ada di DPRD Banjarmasin melalui perwakilan di badan anggaran bersama tim anggaran Pemkot Banjarmasin.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.