Jalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Poliban Gelar Program Pengabdian Masyarakat

0

PRODI D3 Manajemen Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) gelar progran pengabdian masyarakat dengan mengembangkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dengan media table manner bagi penghuni panti asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-zam di Warung Steak Sultan Adam, Minggu (7/10/2018).

KETUA Prodi D3 Manajemen Informatika Poliban Ronny Mantala mengatakan, program pengabdian masyarakat ini dilakukan selama satu semester bersama penghuni panti asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-zam.

“Kami melibatkan dosen-dosen serta mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada anak-anak panti ini. Kegiatan pengabdian ini, sudah memasuki pertemuan yang kedua,” katanya.

Menurut Ronny, penghuni panti asuhan sebenarnya memiliki kemampuan yang potensial untuk dikembangkan karena punya sikap kemandirian sejak awal.

“Apalagi sekarang eranya sudah semakin maju. Kita memasuki fase Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan generasi muda harus siap menerima kenyataan ini,” ujarnya.

Materi yang diberikan, misalnya menjadi master of ceremony (MC), serta etika dan tata cara makan. “Kami menggagas acara makan bersama dengan memakai steak,” tambah Ati, dosen bahasa Inggris yang menjadi pemateri.

Ati menuturkan, pada pertemuan pertama para penghuni panti belajar menyantap mie ayam dengan menggunakan sumpit. “Ini sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat timur,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Bayti Radina mengaku sebelumnya tak pernah mengenal budaya-budaya ala barat, dalam kesehariannya. “Tahunya kalau makan itu seperti biasa. Rupanya ada etikanya sendiri,” ujar siswi kelas X SMKN 4 Banjarmasin ini.

Bayti berharap Poliban menggelar lebih banyak pengembangan keahlian, khususnya yang berhubungan dengan kemampuan berbahasa Inggris. “Bisa juga kami dilatih untuk bicara di depan umum secara lebih dalam lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Donny Muslim
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.