Nadalsyah Sampaikan Visi dan Misi Pembangunan Barito Utara 2018-2023

0

BUPATI Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan visi dan misi pemerintahannya di hadapan unsur pimpinan dan anggota DPRD Barito Utara, Kamis (27/9/2018).

DIDAMPINGI wakilnya, Sugianto Panala Putra, Nadalsyah memaparkan visi dan misi rencana pembangunan daerah 2018- 2023, yang sesuai dengan janji kampanyenya.

Diungkapkannya, visi dan misi pembangunannya adalah meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan mendorong dan memfasilltasi berjalannya ekonomi kerakyatan yang berkualitas, berkelanjutan, berbasis wilayah, dan berpihak kepada masyarakat Barito utara. Kemudian, mendorong perekonomian yang senantiasa menyelaraskan antara kondisi potensi SDA dan SDM daerah dengan kinerja ekonomi berdasarkan kearifan lokal.

Selanjutnya, adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur yang diarahkan untuk pembangunan infrastruktur dasar daerah terencana dan berkelanjutan. Juga memperhatikan pada keserasian tata ruang, Iingkungan hidup, nilai-nilai sosial, budaya, serta kearifan lokal ke dalam proses pembangunan.

Kemudian, meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna peningkatan kapasitas dan kualitas daerah melalui pembangunan sumber daya manusia yang ungguI. “SDM yang unggul, tangguh dengan berkuallitas, baik secara fisik dan mental, merupakan modal utama dalam mendukung pembangunan.  Hal ini juga berdampak terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian daerah,” katanya.

Selanjutnya, membangun masyarakat Barito Utara yang religius. Masyarakat dan aparatur yang mempunyaI nurani moralitas serta kepekaan sosial yang tinggi, harga diri dan martabat yang tinggi, dengan dasar keyakinan akan kebenaran ajaran dan nilai-nilai agama.

Juga menciptakan masyarakat Barito Utara yang mandiri, yakni kemandirian pada tataran masyarakat yaitu masyarakat yang mempunyai kemampuan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dengan Iayak. “Pada tataran pemerintah daerah, mandiri adalah mampu membiayai pembangunannya dengan mengandalkan kekuatan dan kemampuan daerahnya,” ucapnya.

Diungkapkannya, pembangunan berbagai sektor infrastruktur merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi. Fokus pembangunan infrastruktur adalah meningkatkan kualitas pelayanan infrastruktur dasar dan mengembangkan konektivitas antar wilayah.

Kemudian ketersediaan energi, khususnya listrik, yang akan dapat memicu kemudahan berusaha dan menciptakan lapangan usaha dan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Begitu juga dengan bidang pendidikan dan kesehatan,’sebagai subjek pembangunan dibutuhkan SDM yang sehat, berprestasi, dan produktif untuk mencapai tujuan pembangunan yang diinginkan. Masyarakat dapat memperoleh Iayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas di seluruh wilayah Barito Utara,” tuturnya.

Sementara itu, melalui sistem perekonomian yang berbasis kerakyatan. Pengembangan keunggulan ekonomi yang berbasis pada pertanian dalam arti Iuas. industri, koperasi, usaha mikro kecil dan menengah serta pariwisata yang menghasilkan produkproduk berdaya saing tinggi.

Memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara produktif, efisien, optimal dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip kelestarian dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kemudian, tata kelola pemerintahan yang baik berarti tata kelola pemerintahan yang mencerminkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan akuntabel dan partisipatif,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.