Berebut 55 Kursi DPRD Kalsel, Gerindra Duetkan Calon Petahana dan Wajah Baru

0

ENAM kursi yang diraih Partai Gerinda di DPRD Kalimantan Selatan hasil Pemilu 2014, menjadikan parpol yang dikomandoi mantan Danjen Kopasus Letjen (Purn) Prabowo Subianto menatap mantap laga perebutan suara rakyat di Pemilu 2019 mendatang.

BERAWAL debut di Pemilu 2009, parpol yang sekarang menjadi oposan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya berada di papan bawah. Kemudian, meningkat tajam raihan kursi di Pemilu 2014 dengan menempatkan 6 nama di DPRD Kalsel, yakni HM Lutfi Saifuddin, Muharram, Aulia Octaviandi, Syaidillah, HM Nur dan Hj Marliana.

Berbekal pengalaman politik itu, Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel H Abidin HH pun memilih mempertahankan wajah lama yang dikombinasikan dengan bakal caleg baru dalam merebut 55 kursi DPRD tersedia di 7 daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Selatan.

“Alhamdulillah, berkas bacaleg Partai Gerindra diterima KPU Kalsel dan tak ada satu pun mengalami kekurangan. Jadi, atas dasar itu, Gerindra Kalsel siap mengikuti Pemilu 2019,” cetus H Abidin, saat menyerahkan berkas bacaleg kepada komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kalsel, Siswandi Reya’an di Banjarmasin, Selasa (17/7/2018).

Menurut H Abidin, untuk jumlah bacaleg yang diusung sebanyak 55 orang. Kemudian, jumlah kuota keterwakilan perempuan melebihi dari 40 persen. “Jadi, kami tidak ada mengalami kekurangan dalam pengajuan berkas bacaleg ini,” ucapnya.

Pengusaha pelabuhan khusus batubara ini mengungkapkan dalam dua periode kepemimpinannya, tentu para petahana khususnya di DPRD Kalsel, tidak ada satu pun yang mundur. Termasuk, para calon wakil rakyat di DPRD kabupaten dan kota se-Kalsel.

“Makanya, kami tetap mempertahankan calon incumbent, ditambah caleg-caleg baru,” kata Abidin. Apalagi, dalam Pemilu 2014 lalu, Partai Gerindra meraih dua kursi DPR RI dan mengantarkan dua mantan bupati, yakni Bupati Kotabaru Sjahrani Mataja dan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Saiful Rasyid menjadi wakil rakyat Senayan Jakarta.

Menurut dia, para caleg baru merupakan kader dan simpatisan Partai Gerindra yang sudah lama mengabdi di partai. Jadi, tidak asing lagi dan berharap pengurus Gerindra yang diikuti dari 13 Kabupaten/Kota bisa mencapai 100 kursi.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.