Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Barut Resmikan Rumah Pemilu

0

GUNA mengedukasikan masyarakat akan pentingnya pemilu dan tujuannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Komisi Pemilihan Umum Barito meresmikan rumah pintar pemilu.

MELALUI rumah pemilu  ini diharapkan juga dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati, Pileg 2019 serta pilpres.

Rumah pemilu  tidak hanya sebagai program pendidikan pemilih, tapi juga dapat dijadikan sebagai wadah komunitas pengiat pemilu untuk membangun gerakan guna menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum,” kata Sekda Barito Utara,  Jainal Abidin.

Ia pun  berpesan, untuk masa yang akan dating, rumah pemilu dapat ditingkatkan kualitasnya dan dapat dijadikan semacam museum pemilu, sehingga dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menterjemahkan nilai demokrasi.  “Atas nama pemerintah daerah mengapresiassinya terwujudnya rumah pintar pemilu ini,” ujarnya.

Sementara itu,  Ketua KPU Barut H Alamsyah SH mengatakan, pendidikan pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi pemilih yang rasional menjadi ukuran kualitas demokrasi di negara indonesia.  “Indikasinya pemilih dalam menentukan pilihan politik tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek seperti uang, kekuasaan dan kompensasi politik. Melainkan memilih karena visi, misi,  program dan kredibilitas calon yang akan dipilih,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.