Terlambat Berbulan-bulan, Akhirnya Intensif Guru Honorer Dibayarkan

0

SETELAH berbulan-bulan terlambat, akhirnya insentif bagi ribuan guro honorer dan tenaga pendidik di Banjarmasin akan segera dibayarkan.

KEPALA Dinas Pendidikan Banjarmasin Totok Agus Daryanto memastikan dana insentif untuk guru tenaga kontrak tingkat SD dan SMP segera dibayarkan.

“Beberapa waktu lalu, sudah kami cairkan. Totalnya ada sekitar 1.356 guru dan tenaga kependidikan yang menerima insentif,” bebernya.

Besaran nilai insentif untuk guru honorer untuk tahun ini adalah Rp 800 ribu per orang. Sedangkan, untuk operator komputer dan tata usaha sekolah sebesar Rp 650 ribu per orang. Sementara, untuk petugas kebersihan dianggarkan Rp 500 ribu per orang.

“Awalnya kami ingin membayarkannya per bulan. Namun, karena menunggu penyelesaian administrasi jadi sampai tiga bulan baru bisa dibayarkan,” katanya.

Hingga kini, ungkapnya, total yang telah dicairkan Rp 4,6 miliar dari Rp 11 miliar untuk anggaran tahun ini bagi instentif guru honorer dan pegawai tenaga kependidikan di Banjarmasin.

Terlambatnya pencairan insentif bagi guru tenaga kontrak karena adanya perubahan regulasi Bantuan Operasional Daerah (BOSDA). “Sekarang dana BOSDA diubah untuk insentif guru honor dan tenaga pendidikan. Perubahan ini perlu proses administrasi lagi,” ucapnya

Jika masih ditemukan guru atau tenaga kependidikan honorer yang belum menerima insentif hingga sekarang, Totok meyakini hanya terjadi masalah kecil. “Misalnya, ada pembuatan rekening bank yang belum rampung. Mengingat pencairan hanya lewat Bank Kalsel,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.