Tenggak Miras Oplosan Renggut Satu Nyawa di Banjarmasin

0

UPAYA Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana untuk  mengantisipasi jatuhnya korban akibat minuman keras oplosan di provinsi ini dengan menindak para penjualnya, perlu lebih ditingkatkan. Pasalnya, seperti di beberapa kota lainnya di Indonesia, korban tewas akibat miras oplosan juga terjadi di Banjarmasin.

SEORANG pria di ibukota Provinsi Kalsel ini, meregang nyawa usai menenggak minuman keras oplosan. Sebelum tewas, korban yang merupakan buruh serabutan, bersama dua teman serumahnya, tiga hari berturut-turut menenggak miras oplosan yang mereka racik sendiri.

Korban tewas, Suyanto (42 tahun), merupakan perantauan asal Gresik, Jawa Timur, yang dua bulan terakhir menumpang di rumah temannya, Heru (37 tahun) yang bermukim di Komplek Perdana Mandiri, Sungai Andai, Banjarmasin Utara. Pasca tewasnya pria ini, dua rekan serumahnya, Amelia (18 tahun ) dan Heru diamankan jajaran Polsek Banjarmasin Utara, Selasa (17/4/2018) malam.

Menurut Amelia, yang juga menumpang di rumah Heru meski tidak memiliki hubungan keluarga, dirinya juga ikut menenggak miras oplosan tersebut. “Tapi saya sedikit saja,” kata Amelia.

Miras tersebut, menurut Amelia, oplosannya terdiri dari cairan alkohol 70 persen, air putih dan serbuk minuman suplemen kesehatan. Setiap racikan, menghasilkan minuman sekitar 300 mililiter seperti air mineral kemasan botol tanggung.

Tak hanya Amelia, Heru pemilik rumahnya juga ikut menenggak miras oplosan tersebut. Menurut Heru yang juga berprofesi buruh serabutan, temannya itu sempat mengeluh sakit dada. Diakui Heru, mereka bertiga selama tiga hari terakhir bersama-sama menenggak miras oplosan tersebut.

Meski tidak menampik mereka menenggak miras oplosan. Namun, Heru mengatakan korban meninggal dunia akibat penyakit yang diderita. Karena, saat ia bawa ke RSUD Ansari Saleh pada Minggu (15/4/2018) sore, dikutip Heru dari keterangan dokter bahwa korban mengalami gangguan lambung dan jantung.  “Sempat dirawat di rumah sakit, dia meninggal pada Senin dinihari sekitar pukul satu,” kata Heru.

Kapolsek Banjarmasin Utara Kompol Madyo Pranowo melalui Kasi Humas Aiptu Agus, mengatakan, pihaknya masih memeriksa kedua rekan korban. “Informasi sementara dari kedua rekannya, mereka memang sempat menenggak miras oplosan. Kasusnya masih kami tangani,”  kata Agus.(jejakrekam)

 

 

 

Penulis Deden
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.