Bertugas di Lemhanas, Pangdam VI/Mulawarman Pamitan dengan Gubernur Kalsel

0

TERHITUNG 1 tahun 13 hari, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji akan segera mengisi posisi baru sebagai tenaga ahli di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Jakarta. Sebelum bertugas di tempat baru, sang jenderal bintang dua ini berpamitan dengan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor serta Forkompinda se-Kalimantan Selatan di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Minggu (18/3/2018) malam.

KABARNYA, serah terima jabatan Pangdam VI/Mulawarman dari pejabat lama ke pejabat baru digelar di Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim pada 22 Maret 2018 mendatang. Sebagai petinggi militer yang membawahi tiga provinsi yakni Kalimantan Selatan, Timur dan Utara, Pangdam VI Mulawarman mengakui tak mudah mengendalikan wilayah yang begitu luas itu.

“Belum lagi ditambah dengan perbatasan sebelah barat dengan Malaysia yang berjarak 1.308 kilometer,” ucap Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Sonhadji sesuai ramah tamah dengan jajaran petinggi daerah  Kalsel.

Meski begitu, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1984 ini mengatakan tugas berat itu bisa dijalankan dengan adanya sinergitas tiga provinsi, termasuk hubungan dengan tiga kepolisian daerah (polda) yang harmonis.

“Jadi, tugas berat yang diberikan pimpinan kepada Kodam VI/Mulawarman bisa terlaksana dengan baik,” tegas mantan Aspers Kasad ini.

Nah di tugas yang baru sebagai tenaga ahli pengajar Lemhanas Mabes TNI, perwira tinggi yang ahli bidang artileri medan berharap sepeninggalnya sebagai Pangdam VI/Mulawarman justru hubungan dan kerjasama ketiga provinsi terus kondusif, terutama menghadapi pilkada serentak pada Juni 2018 mendatang.

“Terutama sekali, pilkada yang akan berlangsung di empat kabupaten di Provinsi Kalsel,” tegas Sonhadji.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Sonhadji selama bertugas sebagai Pangdam VI/Mulawarman. “Atas nama Pemprov Kalsel serta masyarakat Kalsel, saya mengucapkan terima kasih serta selamat bertugas di tempat yang baru. Semoga lebih sukses lagi,” ucap Gubernur Sahbirin Noor.

Pria yang akrab dipanggil Paman Birin ini pun menilai selama ini sinergitas berjalan dengan baik dengan Kodam VI/Mulawarman ketika dipimpin Mayjen TNI Sonhadji.

“Semoga akan berlanjut lagi dengan Pangdam VI/Mulawarman yang baru. Pimpinan bisa berganti, namun program dan kerjasama harus tetap abadi, agar program yang ada terus berjalan,” tutur Paman Birin.

Dia mencontohkan jajaran Kodam VI/Mulawarman selama mendukung pembangunan yang berlangsung di Provinsi Kalsel, terutama dalam menjaga ketahanan pangan daerah dengan hadirnya para prajurit TNI yang turun ke desa-desa dan sawah.(jejakrekam)

 

 

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.