Komputer untuk UNBK 2018 Terpaksa Dipinjami Orangtua Siswa dan Alumni

0

MESKI terkendala dengan kekurangan perangkat komputer, namun madrasah di bawah pengelolaan Kementerian Agama (Kemenag) optimistis mampu menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang akan digelar pada April 2018 mendatang.

TARGET bisa lolos 100 persen pun dipatok, walau para siswa madrasah aliyah dan tsanawiyah harus aplausan untuk mengikuti ujian berbasis komputer itu. Apalagi, beberapa madrasah sudah melakukan ujicoba dan simulasi melalui ujian akhir sekolah (UAS) berbasis komputer.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi mengungkapkan untuk pelaksanaan UNBK tahun 2018, terdapat ada 41 MA dan 150 MA swasta serta 81 MTs negeri dan 300 MTs swasta yang akan serentak mengikuti ujian akhir berbasis komputer pada April 2018 mendatang.

“Target lulus 100 persen tetap kami patok. Walau, masih ada kekurangan perangkat komputer di beberapa madrasah. Namun, semua itu telah diantisipasi dengan meminjam fasilitas itu dari orangtua siswa, alumni madrasah atau membeli secukupnya,” kata Noor Fahmi kepada jejakrekam.com,  di Banjarmasin, Jumat (16/3/2018).

Dia mencontohkan di MTs Negeri Mulawarman dan MTs Mahligai di Jalan Achmad Yani yang kekurangan fasilitas komputer telah mendapat pinjaman dari para orangtua siswa. “Begitupula di MTs Negeri Anjir di Kabupaten Batola juga telah dilengkapi komputer hasil pinjaman dari para alumni sekolah tersebut,” ucap Fahmi.

Apalagi, menurut dia, pelaksanaan UNBK bagi MA dan MTs tidak berbarengan waktunya, sehingga fasilitas komputer dan perangkatnya bisa digunakan secara bergantian. “Ini artinya, kami sudah siap menggelar UNBK 2018, dan tak ada kendala. Untuk kesiapan aliran listrik dan jaringan internet, kami sudah berkoordinasi dengan PLN dan PT Telkom. Mereka pun juga siap mendukung, termasuk menyediakan teknisi jaringan yang siap menangani masalah gangguan saat pelaksanaan ujian,” imbuh Fahmi.(jejakrekam)

 

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.