ACT

Legal Drafter Terbaik Kalsel Rangking Satu Seleksi CAT KPU Kalsel

0 776

TIM Seleksi (Timsel) merilis hasil seleksi CAT calon anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel, Rabu (7/3/2018).

PERANCANG produk hukum atau legal drafter terbaik Kalsel, July Budi Suharko, mendapat skor tertinggi pada seleksi tersebut.

Mendapat nilai tertinggi pada seleksi CAT, perancang hukum pada Kanwil Kemenkumham Kalsel ini, berharap diberi kesempatan sebagai Komisioner KPU Kalsel.

Apalagi, alasannya untuk masuk KPU adalah ingin memberikan kontribusi dalam pesta demokrasi di Banua, mengingat Pemilu merupakan sarana menyerap kedaulatan rakyat.

Ia juga sudah menyiapkan antisipasi kecurangan Pemilu. Mencapai itu, selain penyelenggara harus teguh memegang kode etik, memahami ketentuan perundang-undangan Pemilu secara baik, dan yang terpenting mempersiapkan atau melaksanakan seluruh tahapan Pemilu sesuai jadwal.

“Hal tersebut ditopang dengan sosialisasi terus menerus tentang Pemilu yang jujur dan adil kepada mesyarakat di Banua, sesuai jadwal dan ketentuan perundang-undangan,” sebutnya.

Budi, sapaan akrabnya, berharap dalam seleksi ini siapapun yang terpilih menjadi komisioner akan memikul beban penyelenggaraan Pemilu lebih baik dan terus lebih baik dimasa akan datang.

Kemudian berujung lahirnya aktor-aktor politik yang berintegritas, kapabel dan kompeten dalam mewujudkan kesejahteraan di Banua.

Hampir dalam setiap Pemilu tingkat partisipasi pemilih masih rendah. Mengatasi fenomena itu Budi menyatakana, perlu dilakukan pendekatan budaya secara masif dan kreatif. “Masyarakat perlu di ‘doktrin’ bahwa 1 suara 1 nilai dan itu sangat berharga dalam menentukan keberlangsungan estafet kepemimpinan di daerah,” tandasnya.

Sesuai jadwal tahapan seleksi berikutnya, peserta calon anggota Komisioner KPU Kalsel akan menjalani psikotes dan pemeriksaan kesehatan selama dua hari berturut-turut sejak Kamis, 8 Maret 2018 hingga Jumat, 9 Maret 2018, di RSUD Ulin Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.