Bertahan Hidup, Mengais Rezeki Lewat Servis Jam

0

SERVIS jam tangan dan pedang kaki lima di kawasan Pasar Sudirmampir 1 Kelurahan Kertak Baru Ulu Kecamatan Banjarmasin Tengah masih menjadi primadona bagi warga Kota Banjarmasin, untuk dikunjungi. Betapa tidak, lokasinya berseberangan dengan Masjid Noor Jalan Pangeran Samudera di era tahun 1970-an, orang sering menyebutnya Pasar Kajang, sebab bahan bangunannya dinding terbuat dari daun Kajang .

DISAMBANGI jejakrekam.com Rabu (7/2/2018) di lokasi tersebut, dan sejumlah pedagang jam tangan dan servis masih banyak, yang tampak membaur dengan pembeli.

Sebut saja, Nurdin (56 tahun) mengaku, berjualan jam tangan dan servis lebih dari puluhan tahun, dan kini masih ramai dikunjungi pembeli. “Saat ini pedang kaki lima (PKL) di Pasar Sudirmampir 1 hampir semua berdagang jam tangan dan servis jam tangan,” ujarnya sembari mengaku penghasilan berjualan jam tangan dan service masih lumayan.

Ia menyebutkan, hanya di tempat ini PKL berjualan jam tangan di atas trotoar persis depan toko sepatu sandal serta toko pakaian jadi. “Memang PKL terlebih dulu dari toko, namun tak menyurutkan pedagang jam untuk terus berjualan, hingga masa tua berakhir, dengan penghasilan mencukupi. Ya, ngais rezeki lewat servis jam masih bisa hidup, ” tutur Nurdin kepada jejakrekam.com, Rabu (7/2/2018).

Meski begitu, sambung Nurdin, lokasi PKL berjualan jam tangan sudah mempunyai ijin yang dikeluarkan Kantor Dinas Pasar Kota Banjarmasin .

Senada itu, Anang (50 tahun ) yang juga tukang service jam mengaku, semua perbaikan jam ada di lokasi Pasar Sudimampir 1. “Kami masih bisa bertahan untuk service jam, walau saat ini juga banyak service jam di mana-mana, namun lokasi ini sudah terkenal, dan bisa diharapkan untuk menjadi penghasilan keluarga. Coba bayangkan, ada yang ganti baterai, perbaikan biasa, ganti spearpart, dan pembetulan lainnya, tentu bisa saja meraup lebih dari seratur ribu setiap hasil hasil jerih payah service,” bebernya.

Di lokasi terpisah, Andi (40 tahun) warga Jalan Belitung Darat Banjarmasin berharap, tempat service jam di Pasar Sudimampir 1 dapat dibenahi, sebab lokasi tersebut pernah menjadi sejarah dalam pengembangan perdagangan di wilayah Kota Banjarmasin. “Kan kita tahunya servis jam di lokasi itu, dan jika ditata serta dibenahi lokasi servis jam dapat menjadi lebih ramai lagi. Dan pedagang serta tukang servis jam akan selalu bertambah penghasilan mereka,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis : Sira Awdy

Editor   : Afdi Achmad

Foto     : Sira Awdy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.