Benahi Dua Pasar Marabahan, Batola Disuntik Rp 6 Miliar

0

AWAL tahun anggaran 2018, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) akan segera merevitalisasi Pasar Baru dan Pasar Wangkang di Kota Marabahan. Ini setelah, Pemkab Batola menerima kucuran dana tugas perbantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan segede Rp 6 miliar.

WAKIL Bupati Batola, Rahmadian Noor mengungkapkan beberapa waktu lalu dirinya bersama Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batola, Purkan telah melakukan presentasi di hadapan pejabat Kementerian Perdagangan, hingga disetujui kucuran dana Rp 6 miliar untuk revitalisasi kedua pasar tersebut.

“Saat ini, Batola sudah mendapat desain awal terhadap rencana bangunan pasar. Makanya, desain ini harus disesuaikan dengan kondisi lahan, kawasan dan bangunan yang ada dengan ditinjau langsung ke lapangan,” papar Rahmadi-sapaan akrab Rahmadian Noor, di Marabahan, Senin (5/2/2018).

Dia memastikan dengan revitalisasi Pasar Baru dan Pasar Wangkang di Marabahan, seluruh pedagang akan tertampung seluruhnya dengan membagikannya ke beberapa kelompok yakni penjual sayur, pedagang kelontongan, serta lainnya.

“Makanya, saya perintahkan agar Disperindag Batola segera menginventarisir para pedagang ini. Nah, kalau nanti terjadi kekurangan dana dalam revitalisasi dua pasar ini, akan diupayakan dianggarkan kembali dalam APBD Batola. Ini merupakan komitmen kami dalam menata Kota Marabahan,” cetus Ketua DPD Partai Golkar Batola ini.

Mantan anggota DPRD Batola ini mengungkapkan khusus Pasar Baru Marabahan, proses pendataan kios-kios yang ada sudah dilakukan pihak Disperindag, sehingga yang akan menempati kios baru diprioritaskan adalah para pedagang lama yang sudah berdagang di tempat itu, sebelumnya.

“Saya tak ingin mendengar nanti ada kios yang tersedia ternyata kurang. Sebab, ternyata ada oran yang sebelumnya tidak berjualan justru mendapat kios. Ini berdasar pengalaman sebelumnya, banyak toko yang kosong akibat pemiliknya bukan pedagang. Hal itu tak boleh terjadi lagi,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Fahriza

Foto     : Polres Batola

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.