Anies Motivasi Pemuda Harus Berpikir Kritis dan Cerdas

0

MENJADI pemuda dan tak ambil bagian dalam bidang politik dan pemerintahan, bukan berarti tidak ada peranan dalam berbangsa dan bernegara. Sebab, banyak peran sebenarnya yang bisa dilakoni oleh para pemuda Indonesia. Salah satunya dengan sumbangsih berupa pemikiran yang kritis dan cerdas.

PERNYATAAN ini dilontarkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan  di sela Gathering Nasional Sustaible Development Goals (SGDs) di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Sabtu (2/12/2017). Acara yang digelar Relawan Turun Tangan ini cukup menyita perhatian generasi muda, termasuk Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Sekdaprov Kalimantan Selatan H Abdul Haris Makkie turut bergabung dalam temu para pemuda itu.

Menurut Anies, selain menjadi pemikir keras, pemuda juga harus berinovasi atau membawa perubahan. “Jadi pemuda jangan hanya berpangku tangan, ayo ikut berperan,” ajak mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaa ini.

Di hadapan peserta dengan rata-rata berusia muda, Anies menyampaikan semangat kerelawanan yang harus terus dibangun. Utamanya pada kegiatan sosial, lingkungan hingga pendidikan. “Anak-anak muda punya kreativitas, inovasi, keberanian dan terobosan. Saya optimis ini akan membuat bangsa ini semakin maju,” ujar mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Hadirnya Relawan Turun Tangan ini disebut Anies justru sangat membantu pemerintah pula sehingga bisa bersinergitas dengan tujuan kesejahteraan rakyat. “Republik ini didirikan oleh orang-orang yang bekerja secara sukarela. Hari ini anak muda ini yang meneruskan tradisi ini,” tandasnya.

Selain menghadirkan keynote speaker dari Gubernur DKI Jakarta, Gathnas kemarin juga menghadirkan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris. Gathering nasional kemarin menjadi etalase berbagi informasi daerah masing-masing Relawan Turun Tangan untuk berbagi pengalaman, memperluas jaringan dan membentuk pola pikir baru dan saling menularkan semangat dengan berbeda-beda sudut pandang.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Iman Satria

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.