ACT

36 Stand Lintas Agama Bakal Ramaikan Expo Religi 2017

0 167

EXPO Religi 2017 kembali digelar Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin di Siring Menara Pandang, Jalan Piere Tendean Banjarmasin yang akan dibuka pada Jumat (17/11/2017), hingga ditutup pada 19 November 2017. Pameran bersama yang diikuti komunitas keagamaan yang ada di Kalimantan Selatan ini merupakan ekspo ketiga, karena pada 2015 dan 2016 telah sukses digeber.

KETUA Pelaksana Expo Religi 2017, Muhammad Isya Azhari mengungkapkan pada tahun ini, ada 36 stand dari berbagai komunitas agama, mulai dari komunitas dan lembaga pendidikan Islam, Kristen, Katolik, Hindhu, Budha, Konghucu, dan Kaharingan.

“Tiap-tiap agama menurunkan 2 hingga 3 komunitasnya mengikuti ekspo. Selain membuka stand, komunitas agama akan menampilkan berbagai pertunjukan kebudayaan.  Sekitar 26 penampil dari berbagai komunitas agama akan meramaikan panggung budaya pada saat expo berlangsung,” papar aktivis LK3 Banjarmasin ini kepada jejakrekam.com, Kamis (16/11/2017).

Selain itu, menurut dia, Expo Religi 2017 juga diisi dengan berbagai lomba, di antaranya lomba selfie/wefie instagram, lomba busana adat nusantara, lomba mewarna dan lomba melukis panai.

Isya Azhari menjelaskan tujuan dari Expo Religi ini adalah mengajak komunitas agama hadir di ruang publik, melakukan edukasi secara bersama tentang pentingnya merawat keragaman.  “Bahwa keragaman adalah sunatullah atau kehendak Tuhan yang harus dipelihara. Mari kita hidup secara damai dalam keragaman,” tuturnya.

Rencananya, Expo Religi 2017 akan dibuka Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama para tokoh agama lintas iman, serta diramaikan berbagai pertunjukan kebudayaan.  “Tema dari Expo Religi 2017 adalah Warna-Warni Banua Harmoni. Kami mengajak dan mengundang seluruh warga Banjarmasin beramai-ramai menghadiri Expo Religi 2017. Sebab, dalam wahana ini bisa sambil belajar mengenali keragaman yang ada di sekitar kita, sehingga terwujud saling penghargaan di antara sesama,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Ahmad Husaini

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Dok LK3 Banjarmasin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.