Pengganti Hairansyah di KPUD Kalsel Tergantung KPU RI

0

TERPILIH dan kini menjabat Wakil Ketua Bidang Internal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Hairansyah yang akrab disapa Ancah resmi melepas posisinya sebagai komisioner KPUD Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasar nomor urut calon pergantian antar waktu (PAW), nama Bambang Budiyanto yang kini Ketua KPU Kota Banjarmasin sebagai pengganti Ancah.

KETUA KPUD Provinsi Kalimantan Selatan, DR Samahuddin Muharram mengungkapkan usai Hairansyah dilantik menjadi anggota Komnas HAM, otomatis posisi komisioner di KPUD Kalsel kosong. Kini yang tersisa hanya empat komisioner.

“Kami menunggu keputusan dari KPU RI untuk menentukan siapa yang akan mengisi posisi Hairansyah di KPUD Kalsel. Itu memang kewenangan pusat, sehingga kami saat ini menunggu. Nantinya, komisoner KPU RI akan datang ke Kalsel untuk melakukan verifikasi,” ucap Samahuddin Muharram kepada jejakrekam.com, Rabu (15/11/2017).

Ia mengakui berdasar urutan calon anggota KPUD Kalsel, pada nomor urut 8 tercantum nama Bambang Budiyanto yang kini Ketua KPU Kota Banjarmasin. Menurut Samahuddin, jika Bambang Budiyanto memang melepas posisinya di KPU Kota Banjarmasin dan naik ke KPUD Kalsel, maka bisa saja PAW Hairansyah adalah mantan pejabat pemerintah kota tersebut. “Ya, tergantung Pak Bambang juga,” kata Samahuddin singkat.

Sebelumnya, Bambang Budiyanto enggan menjawab lugas masalah PAW di KPUD Kalsel. Ia mengaku menunggu keputusan ketika Hairansyah benar-benar telah dilantik sebagai anggota Komnas HAM. Mantan Asisten II Pemkot Banjarmasin ini pun mengungkapkan masa tugasnya di KPU Kota Banjarmasin akan berakhir pada Juni 2018. Sementara, masa jabatan anggota KPUD Kalsel rata-rata akan berakhir pada Mei 2018 mendatang. Nah, jika nantinya, Bambang Budiyanto tetap bertahan di KPU Kota Banjarmasin, maka pengganti nomor urut 9 terdapat nama Sukadji Budihardjo yang juga mantan komisioner KPU Banjarmasin.

Begitupula, Hairansyah yang akrab disapa Ancah sebelum dilantik menjadi anggota Komnas HAM mengakui untuk pergantian antara waktu (PAW) dirinya di KPUD Kalsel tergantung pertimbangan KPU RI. Ini mengingat, masa tugas para komisioner KPUD Kalsel hanya tinggal hitungan bulan. Sementara, saat ini, jajaran KPU di daerah tengah disibukkan dengan agenda verifikasi administrasi dan faktual bagi parpol calon peserta Pemilu 2019 mendatang.

“Ya, bisa saja nanti dikosongkan. Atau, jika Pak Bambang Budiyanto tetap bertahan di KPU Banjarmasin, maka calon PAW di bawahnya yakni Pak Sukadji Budihardjo yang akan dilantik. Namun, semua itu akan menjadi pertimbangan KPU RI,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis : Didi GS

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : KPUD Kalsel

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.