Aksi Kemanusiaan Brigadir Riri Herlianto Tuai Pujian

0

PASOKAN darah terkadang sulit dicari di RSUD H Damahuri Barabai. Pengalaman ini sempat dirasakan Bhabinkamtimbas Kelurahan Barabai Barat, Brigadir Riri Herlianto. Padahal, angka kebutuhan darah khususnya bagi para wanita yang ingin melahirkan atau korban kecelakaan lalu lintas cukup tinggi.

KONDISI ini memacu jajaran Polres Hulu Sungai Tengah (HST), khususnya Brigadir Riri Herlianto yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Barabai Barat, membentuk jaringan pendonor daerah. Tinggal dikontek lewat komunikasi radio dan beberapa organisasi kemanusian pun membentuk komunitas para pendonor darah demi kemanusiaan.

Pengalaman Brigadir Riri Herlianto ketika menolong pasien yang membutuhkan darah demi menyelamatkan nyawanya, seperti pada Rabu (8/11/2017) sekira pukul 13.30 Wita. Lewat organisasi bernama Sahabat Donor Darah Barabai (Sadonda) HST yang terbentuk sejak Januari 2017 lalu , kini para anggotanya lumayan banyak dan siap berbagi darah bagi yang membutuhka dan langsung dikoordinir Brigadir Riri Herlianto.

Bahkan, Sadonda HST ini pun memberikan pelayanan 24 jam (on call) untuk pasien yang memerlukan darah. Anggota Sasonda HST ini terdiri dari kalangan TNI, Polri, Orari , Barisan Pemadam Kebakaran, mahasiswa, pelajar , ustadz dan kalangan pemuda pemudi yang memang ikhlas untuk berdonor yang terhimpun satu barisan dan tercatat dibuku donor Sadonda HST.

Tercatat sejak Januari hingga Oktober 2017, sudah ada 398 pendonor. Jika dihitung rata-rata tiap bulan ada sekitar 39 pendonor yang tergantung permintaan darah pasien yang ada pada UTD (Unit Transfusi Barabai) RSUD Damahuri Barabai. Pendonor Sadonda akan datang didampingi oleh Bhabinkamtibmas ke ruang UTD untuk dipemeriksaan kesehatannya oleh petugas medis , setelah itu dilakukan pengambilan darah. Prinsipnya, Sadonda ikhlas dan menghilangkan airmata tanpa pamrih. Untuk memperluas jaringannya, Sadonda HST membentuk grup di media sosial seperti facebook dengan nama Sadonda HST Sahabat Donor Darah Barabai serta grup Kalimantan Peduli.

Aksi sang bhayangkara ini dipuji Kapolres HST AKBP Mugi Sekar Jaya melalui Kasat Binmas Iptu H Ady Suwarno. Ia mengatakan kegiatan itu sangat positif dan bagus sekali. “Tujuan dari kegiatan donor darah ini adalah untuk membantu bagi mereka yang membutuhkan, karena mendapatkan donor darah dapat menyelamatkan nyawa mereka, apalagi kegiatan ini hanya demi kemanusiaan,” ucap H Ady Suwarno.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi GS

Foto     : Polres HST

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.