461 dari 33 Ribu Wanita Berpotensi Kanker Serviks

0

POTENSI wanita yang ada di Kalimantan Selatan terserang kanker serviks dan payudara cukup tinggi. Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menemukan ada 461 dari 33 ribu wanita berpotensi terserang dua penyakit mematikan itu.

UNTUK mencegahnya, perlu deteksi dini melalui tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Serangkaian tes ini akan mendeteksi gejala kanker serviks dan payudara. Deteksi ini demi mencegah agar tak mengalami stadium berbahaya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H Abdul Haris Makkie mengatakan deteksi dini lewat pemeriksaan massal merupakan komitmen daerah dalam mewujudkan kesehatan bagi masyarakat Kalsel.

“Pemeriksaan ini merupakan bagian dari gerakan nasional dengan target 63 juta wanita. Sebab, berdasar data Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, ditemukan 461 dari 33 ribu wanita berpotensi terkena kanker serviks dan payudara. Walau hanya 1,7 persen, kita patut waspada dan tak boleh lengah,” tutur Haris Makkie, di sela pemeriksaan massal lewat tes IVA di Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin, Selasa (17/10/2017).

Data itu juga diakui Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, Muhammad Muslim. Ia mengatakan  wanita yang sudah menikah dan melahirkan mesti mewaspadai penyakit kanker serviks dan payudara. Menurut Muslim, angka 461 orang wanita itu terindikasi menderita pra kanker serviks dan payudara. “Kami imbau masyarakat, khususnya ibu-ibu tak perlu ragu memeriksakan diri ke puskesmas dan rumah sakit. Kami ingin menekan penyebaran kanker serviks dan payudara,” kata Muslim.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Wan Marley

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.