PSI-PPP Diterima, Berkas Partai Garuda ‘Ditolak’

0

TAK hanya partai politik (parpol) lawas yang mengincar label peserta Pemilu 2019 mendatang, partai baru pun tak mau kalah aksi. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) pun mengikuti jejak petingginya di Jakarta, dengan mendaftarkan diri ke KPU Kota Banjarmasin, Minggu (15/10/2017).

PARPOL pendatang baru ini turut menyerahkan bukti berkas dukungan berupa kartu tanda anggota (KTA) ke KPU. Tak hanya Partai Garuda, sebelumnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan parpol lawas, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendatangi kantor penyelenggara pemilu di Jalan Perdagangan, Banjarmasin itu.

“Untuk berkas dukungan yang diserahkan PPP dan PSI, telah diterima yang dinyatakan dalam bentuk surat tanda terima. Sebab, setelah dicek petugas, berkasnya lengkap dan sesuai dengan ketentuan, khususnya surat pernyataan dukungan KTA yang disertai fotokopi e-KTP,” ucap komisioner KPU Banjarmasin, Khairunnizan kepada jejakrekam.com, Minggu (15/10/2017).

Sementara, menurut dia, untuk berkas yang diserahkan pengurus Partai Garuda, terpaksa ‘ditolak’ dikarenakan file soft copy belum memenuhi Peraturan KPU RI. “Untuk PSI sendiri, sempat kami tolak berkasnya. Namun, begitu diperbaiki pada Minggu (15/10/2017) telah diterima,” kata Nizan, sapaan akrab komisioner ini.

Divisi Hukum KPU Banjarmasin ini mengingatkan agar Partai Garuda segera memperbaiki berkas, karena jaringan pusatnya sudah terdaftar di sistem informasi partai politik (sipol) KPU RI. “Besok (Senin, 16/10/2017) merupakan hari terakhir untuk pendaftaran parpol di KPU. Makanya, kami mengingatkan agar berkas yang akan harus lengkap,” tegas Nizan.

Ia mengingatkan pada Senin (16/10/2017) yang merupakan hari pendaftaran terakhir di KPU Banjarmasin, durasi waktu pun lebih panjang. Dibuka sejak pukul 08.00 dan berakhir pada 24.00 Wita.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : KPU Banjarmasin

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.