Dispora Kalsel Bantah Telantarkan Atlet Judo

0

PENUNTASAN pembiayaan operasi atlet judo asal Kabupaten Tanah Bumbu, Timothy Julio yang menjadi duta Kalsel dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2017 di Semarang Jawa Tengah, dinilai bukan datang dari Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming.

NAMUN, biaya operasi patah tulang tangan di RS Siaga Banjarmasin mencapai Rp 45 juta itu diklaim datang dari Gubernur H Sahbirin Noor yang diserahkan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel.

”Jika ada pihak lain yang membantu, kami sangat bersyukur. Tapi tadi penyelesaian administrasi tetap dari Gubernur Paman Birin yang diserahkan melalui Dispora. Dan itu bukan anggaran resmi APBD. Setelah tadi (kemarin, red) dibayarkan yang bersangkutan sudah keluar dari rumah sakit,” beber Kepala Dispora Kalsel, Zakly Asswan Helmi kepada wartawan, Jumat (22/9).

Adanya tudingan Dispora Kalsel menelantarkan atlet bersangkutan, dibantah Zakly. Ia mengatakan Timothy yang mengalami cedera saat bertanding melawan atlet dari DKI Jaya,  Jumat (15/9/2017) pekan lalu, langsung dilarikan ke rumah sakit. Bahkan, tindakan awal seperti rontgen sudah dilakukan.

”Sewaktu di sana untuk biaya pengobatan dan operasi ditanggung panitia pelaksana. Tapi yang bersangkutan tidak berani dioperasi dan meminta untuk ditangani secara alternatif. Lalu pukul 4 pagi kita berikan biaya ke pengobatan alternatif,” beber Zakly.

Setelah ditangani alternatif yang bersangkutan merasa lebih ‘mendingan’. Namun, di sana sempat ikut bermain basket sehingga kambuh kembali. “Nah dia balik dalam keadaan sakit kembali. Seharusnya, kemarin kami buatkan surat pernyataan tidak mau dioperasi,” tegas Zakly.

Selanjutnya, beber dia, karena sakitnya semakin parah pada Selasa (20/9/2017) Dispora berinisiatif untuk merujuk yang bersangkutan ke RS Siaga Banjarmasin. ”Saya langsung melobi Direktur RS Siaga Prof dr Zairin untuk dilakukan penanganan. Kemudian, pada malam Rabu, langsung dioperasi karena Prof Zairin, sebab besoknya beliau mau pergi keluar daerah. Setelah dioperasi, hari ini (Jumat, 22/9/2017), sudah boleh pulang. Jadi kami ucapkan terima kasih kepada Paman Birin yang sudah mau membantu memperhatikan atlet,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Wan Marley

Editor   : Didi GS

Foto     : Youtube

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.