Rentan Karhutla, Baharkam Polri Kumpulkan Polda se-Kalimantan

0

TERJADINYA kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) momok yang menakutkan bagi Indonesia. Pasalnya asap yang ditimbulkan dari kebakaran itu mendapat cemooh dari negara tetangga karena kena dampak asap itu.
Jika Karhutla terjadi bukan saja mengganggu transportasi jalan, udara dan laut, tetapi juga mengganggu kesehatan manusia seperti infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).
Untuk mengatasi Karhutla, maka Mabes Polri melalui Tim Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) mengumpulkan pucuk pimpinan Polri, dihadiri seluruh Polda se-Kalimantan yakni Polda Kalimantan Timur, Polda Kalimantan Barat, Polda Kalimantan Tengah dan Polda Kalimantan Selatan pada Rabu, (23/08/2017) di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.
Kepala Baharkam Mabes Polri Komjen Putut Eko Bayu Seno mengatakan, semua Polda yang dikumpulkan hari ini (Rabu, red) berasal dari kawasan yang rentan terjadi kebakaran.
“Berkumpulnya Kapolda se-Kalimantan, agar mereka bisa saling memberikan informasi bagaimana cara menangani kebakaran hutan dan lahan dengan sebaik mungkin,” ujar Jenderal Bintang Tiga ini.
Menurutnya, dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan, yang diutamakan pencegahan secara dini, agar penanganan kebakaran lebih mudah .
Dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan , diperlukan kerjasama berbagai pihak seperti TNI , Pemda, Pemerintah Pusat dan masyarakat, “Kita harus bersinergi untuk mencegah dan mengatasi kebakaran, sedangkan untuk penanganan hukum sepenuhnya oleh Polri,” imbuh Putut. (jejakrekam)

Penulis : Asyikin
Editor    : Afdi Achmad
Foto.     : Iman S

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.