LPPNRI Perkuat Pengawasan Kinerja Pemerintahan

0

KINERJA pemerintahan baik di pusat atau daerah harus diawasi. Terutama dari pihak luar pemerintahan atau masyarakat. Semua itu bertujuan agar kinerja pemerintahan semakin baik yang berimbas pelayanan juga semakin memuaskan.

Untuk itu, dengan terbentuknya Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) Kalsel periode 2017-2020, diharapkan pengawasan semakin diperkuat. “Kita menghendaki pemerintahan semakin baik. Tapi yang kita cari bukan kesalahan pekerjaan milik pemerintah, namun lebih pada sinergi dan kerjasama untuk pembangunan yang lebih baik,” jelas Ketua DPP LPPNRI Kalsel, Yandi Kamitono, Minggu (20/8).

Namun menurut Yandi, sebelum pengawasan tersebut bisa diperkuat tentu lebih harus dilakukan pembenahan internal organisasi. Sebab menurutnya, selama ini kepengurusan sempat mati suri. “Dalam waktu dekat kita perlu penataan anggota lebih dulu sampai kabupaten/kota. Setelah internal solid baru dilanjutkan ke tindakan eksternal yaitu pengawasan dan sinergi,” tuturnya.

Sementara itu, Biro Pengembangan Ekonomi DPP LPPNRI, Rikval Fachruri menambahkan, banyak peranan yang bisa diambil selain melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah. Salah satunya adalah dengan mendorong peningkatan perekonomian daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kita akan berkontribusi pembangunan ekonomi daerah baik mikro dan makro, yang dikedepankan sektor mikro. Kedepan juga harus koordinasi dengan dinas terkait untuk pembangunan ekonomi daerah,” ujar pria yang memastikan maju sebagai Calon Ketum Hipmi Kalsel ini.

Di sisi lain, Ketum DPN LPPNRI, Eko Soetikno menyebut ada tugas berat yang harus dibenahi kepengurusan daerah setelah vakum dari 2009 lalu. Yang pertama ujarnya, penyusunan kepengurusan kabupaten kota dan juga berkoordinasi dengan birokrasi. Baik itu pemerintah daerah kejaksaan maupun kepolisian.

“Peranan kita ini sebagaimana SK Kemendagri dan Kemenkumham dari tingkat presiden sampai sekretaris desa. Tugas utamanya membantu terlaksananya pemerintahan dengan baik, supaya tak ada penyimpangan. Kita punya legalitas jadi pengawasan dan pendampingan adalah bagian dari kami,” tegasnya.(jejakrekam)

 

Penulis         :Wan Marley

Editor           :Fahriza

Foto             :Wan Marley

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.