2019, Pembangunan Tugu Nol Kilometer Dilaksanakan

0

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel, Akhmad Sofiani mengatakan pada 2018 mendatang pihaknya akan mulai melakukan pemugaran terhadap eks Perkantoran Gubernur Kalsel yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman Banjarmasin. Setelah itu, pada 2019 akan mulai dilakukan pekerjaan fisik.

Nantinya, di lokasi tersebut akan dibagun Tugu Nol Kilomer (Pal Nol-red) yang akan menjadi simbol baru Kalsel. Bahkan, maket pemanpaatan gedungdi komplek perkantoran gubernur pun sudah rampung dimana poin utama tugu dengan tinggi belasan meter.

“Dalam melaksanakan pemugaran perkantoran gubernur tersebut tidak mengganggu kegiatan lain. Karena pos anggaran tetap tersedia,” katanya usai kegiatan Harjad Provinsi Kalsel, Senin (14/8).

Ia mengatakan,  dalam sketsa yang sudah ada, ruang kantor gubernur dan wakil gubernur serta lima pos jaga Sat Pol PP tidak akan dibongkar, hanya direnovasi. Sedangkan sisanya habis dibongkar. Tentu saja, kata dia nantinya bangunan yang dibongkar tersebut berganti menjadi taman, lapangan olahraga, balai rakyat dan lain sebagainya.

Sebelum pelaksanaan pembangunan, maka proses pembongkaran terlebih dahulu harus dilaksanakan. Dan,  saat ini, proses pembongkaran sudah memasuki tahapan meminta persetujuan DPRD Kalsel.  Sebab tim appraisal sudah turun ke lapangan melakukan perhitungan secara riil.

“Dalam minggu ini kami ajukan ke DPRD untuk persetujuan penghapusan aset. Setelah disetujui DPRD kita serahkan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin untuk dilaksanakan bongkar jual,” tambah Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Keuangan Daerah Kalsel, M Mirhansyah.(jejakrekam)

 

Penulis  : Wan Marley

Editor    : Fahriza

Foto      : Wan Marley

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.