Ibnu Kagumi Museum The Holy Qur’an

0

ROMBONGAN kelompok terbang 1 (kloter 1) Banjarmasin yang langsung di pimpin Walikota Banjarmasin kini sudah berada di Kota Madinah Almunawwarah. Di sana mereka menyempatkan diri mengunjungi Museum The Holy Quran dan Museum Asmaul Husna. Kedatangan tamu Allah tersebut, langsung langsung Direktur The Holy Quran, Dr Hamzah Moesa dan Supervisor Asmaul Husna Ustadz Ibrahim.

“Di museum tersebut saya bersama rombongan berkesempatan menyaksikan visualisasi tematik Asmaul Husna di lima bagian museum tersebut. Visualisasinya sangat menarik, dan menggetarkan keimanan. Sedangkan di Museum Alquran kami melihat maha karya penulisan Al-Quran dari berbagai negara, dan yang tertua berusia lebih dari 900 tahun,” kata Ibnu Sina dalam media sosial yang ditulisnya.

Ibnu pun menceritakan di museum tersebutjuga tersimpan reflika Mushaf Utsmani. Untuk Mushaf Utsmani yang aslinya, terangnya, hingga kini masih tersimpan di Museum Topkapi di Turky. “Di Museum tersebut kami juga melihat file berupa proses penulisan dari masa lampau hingga masa kini, kemudian kami juga melihat mushaf Al-Quran hanya 60 lembar dimana 1 juznya terdiri hanya 2 halaman dan setiap barisnya selalu diawali dengan huruf alif,”ujarnya.

Hal lain yang juga diceritakan orang nomor satu di Kota Seribu Sungai itu tentang banyaknya mushaf yang ditulis dengan tinta emas murni yang dicairkan. “Penulisnya adalah penduduk Afganistan. Mereka menulisnya dilembaran pohon kayu dan lembaran plat besi, dan sewaktu dibawa, menggunakan 4 ekor unta,” terangnya.

Selain tentang sejarah penulisan Al-Quran, kata dia di museum tersebut juga ditampilkan pula Al-Quran digital dan pembelajaran Al-Quran secara online yang diasuh langsung  para penghapal Al-Quran di Masjid Madinah yang bisa diikuti dari seluruh dunia.

Sebeluim mengakhir kunjungannya dimuseum tersebut, Ibnu Sina mendapat kenang-kenangan sebuah Al-Quran tulisan tangan yang diterimanya langsung dari si penulisnya. “Saya juga diminta menuliskan pesan dibuku tamu, dan setelah saya lihat di lembaran lainnya tertulis juga pesan dari Gubernur Jakarta terpilih, Anis Baswedan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis     :Asikin

Editor       :Fahriza

Foto         :Dokumen Ibnu Sina

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.