Pasokan Ikan Air Tawar di TPI Pekauman Mencukupi

0

PASOKAN ikan sungai atau air tawar yang datang dari berbagai kota dan provinsi kini tersedia penuh di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pekauman, Jalan Rantauan Kelilirng Ilir, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

HAL ini didukung distribusi ikan sungai dan air tawar yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Timur dan sebagian wilayah Kalimantan Selatan, seperti Paminggir (Hulu Sungai Utara), Babirik dan Marabahan (Barito Kuala) memasuki pasar Banjarmasin, khususnya di TPI Pekauman.

“Bahkan, distribusi ikan sungai dan air tawar yang masuk ke pasar-pasar di Kabupaten Banjar, Pelaihari, Banjarbaru dan Asam-Asam dipasok dari TPI Pekauman Banjarmasin. Meski begitu, kami menjamin pasokan yang ada sangat mencukupi kebutuhan masyarakat,” ujar  Kepala UPTD TPI Pekauman di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, H Samsul Alkindi kepada jejakrekam.com, Senin (24/7/2017).

Dia menjelaskan pasokan ikan gabus (haruan) rata-rata 4-5 ton per hari masuk ke TPI Pekauman, disusul jenis ikan air tawar lainnya seperti biawan, papuyu, kapar, patin dan nila. “Aktivitas masuk dan keluarnya ikan ini berlangsung pada malam hari di TPI Pekauman. Kebanyakan para pembeli itu berasal dari kota-kota lainnya di Kalsel dan Kalteng. Mereka membeli ikan yang ada di TPI Pekauman untuk selanjutnya didistribusikan ke daerah masing-masing. Kami jamin pasokan ikan air tawar sangat mencukupi,” ucap H Samsul Alkindi.

Dia menegaskan tangkapan ikan dari sungai dan danai atau pasokan dari tambak ikan yang ada tak terpengaruh musim hujan maupun kemarau. Terbukti, menurut Samsul, volume ikan yang terkumpul di musim kemarau masih banyak dan mencukupi permintaan pasar. “Malah kuantitas ikan yang masuk ke TPI Pekauman itu semakin banyak dan bagus,” tuturnya.

Samsul menerangkan untuk harga lelang atau pasar ikan haruan di TPI Pekauman berkisar Rp 50 ribu per kilogram untuk ikan haruan, papuyu dipatok Rp 40 ribu per kilogram, biawan Rp 25 ribu per kilogram, sepat siam Rp 20 ribu per kilogram dan jenis ikan air tawar lainnya. “Harga ikan air tawar yang diperdagangkan di TPI Pekauman cukup variatif dengan berbagai jenis ikan konsumsi yang digemari masyarakat Kalimantan Selatan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Kalimantan Post

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.