Kapolda Kalteng pun Rela Terobos Banjir di Katingan

0

BANJIR yang merendam Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah tergolong parah dan merata.  Sedikitanya, ada lima kecamatan yang terendam yakni Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei dan Katingan Hulu.

MEMANTAU kondisi banjir dan sekaligus menyalurkan bantuan, Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko bersama jajaran petinggi Polda Kalteng serta Ketua Bhayangkari, rela menerobos banjir. Mereka menyambangi sekaligus memberi bantuan 200 paket sembako bagi korban banjir di Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Rabu (19/7/2017).

Jenderal bintang satu ini  mengimbau masyarakat waspada dan mengawasi anak-anak. Hal ini mengingat arus air yang deras. Selain itu bagi masyarakat yang rumahnya terendam banjir agar mau dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi atau posko banjir. “Kami juga telah memberikan pertolongan kepada masyarakat yang melintas di titik jalan yang terputus dan membuat posko terpadu di dekat lokasi banjir untuk menanggulangi laporan dan keluhan masyarakat,”kata Anang Revandoko.

Mantan Wakakorbrimob Polri ini mengaku bersyukur, tidak ada korban jiwa akibat banjir yang disebabkan meningkatnya curah hujan sehingga mengakibatkan debit air Sungai Katingan tinggi dan meluap. Di Desa Tumbang Liting, sekitar 90 kepala keluarga yang terkena dampak banjir tersebut. Sedangkan di seluruh wilayah Kabupaten Katingan, 5 Kecamatan yang kebanjiran, yaitu Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei dan Katingan Hulu.

Banjir juga menyebabkan akses jalan dari Kecamatan Tewang Sangggalang Garing menuju Ke Kecamatan Katingan Tengah dan Sanaman Mantikei terputus. Bahkan rumah-rumah penduduk sebagian besar terendam air serta bangunan sekolah terendam air sehingga untuk sementara sekolah diliburkan.(jejakrekam)

Penulis  : Tiva Rianthy
Editor    : Fahriza
Foto      : Humas Polda Kalteng

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.