Bupati Balangan Puas Raih Opini WTP

0

LAPORAN Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Selatan terhadap kondisi keuangan Pemkab Balangan menghasilkan hasil yang memuaskan. Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kembali diraih Pemkab dan DPRD Balangan yang langsung diserahkan Kepala BPK Perwakilan Kalsel, Didi Budi Satrio di Banjarbaru, Senin (5/6/2017).

MENURUT Didi Budi Satrio, ada tiga jenis laporan yang diserahkan pihaknya, yaitu Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2016, Laporan Hasil Pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern dan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-Undangan.

“Kami memberikan  opini sebagai kesimpulan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan dengan pertimbangan kesesuaian Laporan Keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap peraturan Perundang-Undangan,” beber Didi.

Meski demikian, kata dia, pihaknya masih menemukan adanya kelemahan Sistem Pengendalian Intern (SPI) dalam penyusunan laporan keuangan dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Tapi semua itu, tidak mempengaruhi kewajaran penyajian laporan keuangan,” tegasnya.

Bupati Balangan H Ansharuddin merasa puas dengan capaian Opini WTP yang telah diraih atas laporan keuangan Tahun Anggaran 2016 lalu.“Alhamdulillah, ini semua berkat kerja keras seluruh pihak pemerintah daerah dan doa dari masyarakat,” ujarnya. Kabupaten Balangan beserta seluruh kabupaten/kota se-Kalsel telah menyabet opini  WTP atas laporan keuangannya.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianoor

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.