Kapolda Kalteng Minta Media Turut Jaga NKRI

0

PARTISIPASI dan tanggungjawab menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat dilakukan di berbagai kehidupan oleh semua rakyat Indonesia. Tak terkecuali insan pers.

PARA penggiat media massa ini dituntut t peran sertanya dalam mempertahankan NKRI, termasuk UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila. “Hendaknya apapun yang ditulis oleh media, kiranya dapat sebagai perekat bangsa, untuk ikut menjaga agar bangsa tidak retak. Media sangat berperan sekali. Kita semua adalah anak bangsa wajib   menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa. Tidak boleh ada yang boleh memecah belahkan kita,” kata Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Polisi Anang Revandoko, saat silaturahim dengan insan pers, di RM Palem Sari Palangkaraya, Jumat (26/5/2017).

Jenderal bintang satu ini juga mengajak agar media ikut antisipastif, agar Kalteng yang dikenal dengan Bumi Pancasila, tidak boleh dinodai oleh kelompok lain. Untuk itulah rasa persatuan yang sudah terjaga selama ini dengan adanya falsafah huma betang, harus dipererat lagi.

“Kalteng harus kondusif. Kalteng adalah penyumbang daerah kondusif. Kita punya mimpi ketika belajar kebangsaan, belajarlah kepada Kalteng di rumah betang, karena makna besar ada di situ, dalam mengelola kebangsaan,”ujarnya.

Apalagi dengan wilayah Kalteng yang luas. Tentu saja, beber Anang, tidak lepas dari peran serta media yang sangat luar bisa dalam memberikan informasi untuk menjaga situasi dan kondisi agar tetap kondusif. “Kita sangat butuh teman-teman media, untuk mengelola situasi dan kondisi di Kalteng agar tetap terjaga. Tentunya juga tidak lepas dari peranserta seluruh komponen masyarakat, sehingga sampai sekarang situasi di Kalteng tetap aman dan kondusif,” tegas perwira tinggi Polri ini.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng, Sutransyah, menyatakan seluruh wartawan di Kalteng tetap berkomitmen  dalam mengawal dan menjaga keutuhan NKRI agar kondisi di Bumi Tambun Bungai tetap aman dan kondusif, melalui pemberitaan yang menyejukkan.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalteng, Hamli Tulis. Seluruh wartawan yang tergabung dalam organisasi ini akan berkomitmen ikut menjaga keutuhan NKRI.(jejakrekam)

Penulis  :  Tiva Rianthy

Editor    :  Didi G Sanusi

Foto       :  Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.