Longsor Ancam Bangunan Jembatan Desa Tarangan

0

AKIBAT debit air Sungai Batang Balangan yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah pinggir sungai longsor. Longsor yang terjadi di Desa Tarangan, Kecamatan Paringin Selatan ini persis berada di samping jambatan, sehingga selain mengancam bangunan jembatan juga mempersempit badan jalan.

“LONGSOR yang terjadi mempunyai lebar 6 meter dan dengan ketinggian 4 meter. Longsor sendiri berdampak pada penyempitan badan jalan dan terancamnya runtuhnya jembatan,”ujar Muhammad Syuhada, Kasi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan kepada wartawan di Paringin, Rabu (19/4/2017).

Longsor tersebut, menurut Syuha, akibat hujan deras sehingga meningkatnya dan derasnya air sungai mengakibatkan pengikisan tanah disekitar sungai hingga longsor. Selain longsor di Tarangan ini, lanjut Syuhada, beberapa hari lalu juga terjadi longsor di Desa Muara Pitap, Kecamatan Paringin Selatan, meski kecil hanya 3 meter.

“Memang ada beberapa titik rawan longsong khususnya di pingiran sungai, tapi hingga kini kondisinya masih aman. Kita imbau agar masyarakat khususnya di bantaran sungai dan daerah berlereng agar selalu waspada akan adanya longsor, terlebih saat hujan deras dan sesudahnya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis   : Sugianoor

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.