Baru Diusulkan di APBD 2018, Genangan Air di Terminal Km 6 Terpaksa Dibiarkan

0

BAK tak bertuan, kondisi Terminal Kilometer 6 Banjarmasin makin memprihatinkan. Tiap hujan lebat, ruas jalan terminal tipe B yang telah diambilalih Pemprov Kalimantan Selatan dari Pemkot Banjarmasin itu, kebanjiran. Seperti yang terlihat pada Rabu (19/4/2017), saat hujan cukup lebat mengguyur ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

AIR pun menggenang bukan hanya ruas Jalan Pramuka, tapi juga merembes ke halaman maupun belakang terminal yang baru selesai dibangun pada 2015 lalu itu.Terlebih lagi, genangan air itu tampak mengganggu antrean angkutan yang mangkal di Terminal Km 6 Banjarmasin.

“Genangan air ini sangat menganggu aktivitas kami di terminal. Sebab, kalau berjalan kaki, terpaksa harus melewati air yang menggenang itu,” ujar Iman, seorang calon penumpang taksi Hulu Sungai kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Rabu (19/4/2017).

Kondisi Terminal Km 6 Banjarmasin yang kian memprihatinkan itu, diakui Rusdiansyah. Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan ini mengakui penyerahan pengelolaan Terminal Km 6 baru berlangsung pada awal 2017. “Sementara, pembahasan anggaran sudah berlangsung. Makanya, kami berencana untuk perbaikan berbagai fasilitas yang ada di Terminal Km 6 ini pada APBD 2018 mendatang,” ujar Rusdiansyah.

Ia mengaku genangan air itu sangat mengganggu, namun Pemprov Kalsel tak bisa berbuat banyak karena ketiadaan anggaran. “Nanti direncanakan akses jalan itu akan ditinggikan dari depan hingga ke belakang terminal. Ya, seluruh fasilitas yang ada, termasuk parkir bus agar berada di dalam kawasan Terminal Km 6, bukan lagi di parkir di pinggir Jalan Pramuka,” tuturnya.

Begitupula, menurut Rusdiansyah, pos retribusi terminal yang berada di media jalan akan dibongkar dan diperbaiki agar lebih representatif. “Perbaikan nanti berbarengan dengan beberapa fasilitas lainnya di Terminal Km 6 Banjarmasin. Kami ingin terminal ini benar-benar menjadi tempat yang nyaman bagi pengguna maupun pengunjung,” tandas mantan Kepala Dishub Kota Banjarmasin ini.(jejakrekam)

Penulis   : Wan Marley

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        : Wan Marley

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.