Husairi Abdi

Kalsel Bisa Maksimalkan Sektor Perdagangan, Jasa, dan Industri

0

PENGAMAT ekonomi Syarituah Siregar mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan selama ini tergantung 2 sektor utama yakni pertambangan dan pertanian.

MEMANG pertanian relatif lambat, praktis Kalsel hanya tergantung kepada sektor pertambangan,” ucap pria yang juga dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin ini kepada jejakrekam.com, Minggu (15/4/2017).

Menurutnya, perkembangan terakhir sektor pertambangan yang masih melemah menimbulkan keterpurukan pertumbuhan ekonomi. Sementara, beber Syarituah, sektor lain yang dapat diharapkan adalah perdagangan, jasa dan industri. “Letak strategis Kalsel dapat  dmaksimalkan menjadi pusat distribusi dari Pulau Jawa ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi,” tutur Komisaris Bank Kalsel ini.

Ia mengatakn secara integatif sektor ini didukung dengan pengembangan industri pengolahan berbasis sumber daya pertanian yang ada di wilayah kabupaten. “Pengembangan sektor jasa seperti transportasi akomodasi dan perdagangan retail dilakukan dengan entry point pariwisata berbasis ekologi,” kata Syarituah yang menekannkan ecotourism berbasis sungai, hutan dan laut.(jejakrekam)

Penulis  : Afdi NR

Editor   :  Afdi NR

Foto       : Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.