Terkendala Ukuran Tinggi Badan, Minat Masuk Polisi Menurun

0

SEBANYAK 50 peserta ikut pemeriksaan administrasi awal tingkat wilayah dalam seleksi penerimaan Polri tahun 2017 di Polres Balangan, pada Sabtu (15/4/2017).

JUMLAH peminat yang ingin menjadi polisi ini memang  menurun dibanding tahun 2016 lalu yang mencapai 70 peserta. Hal itu diakui Kabag Sumda Polres Balangan, Kompol Joko Sudarmadi bahwa penurunan  jumlah peserta ini, karena faktor tinggi badan yang diutamakan, sehingga banyak peserta yang tidak mencapai ketentuan untuk syarat masuk anggota Polri.

“Faktor yang paling utama menurunnya animo penerimaan Polri di Kabupaten Balangan setelah di survei di lapangan adalah pada faktor Tinggi badan tidak memenuhi syarat,” ujar Kabag Sumda Polres Balangan Kompol Joko Sudarmadi kepada wartawan di Paringin, Sabtu (15/4/2017).

Para peserta sebanyak 50 ini, menurut Sumardi, adalah yang telah terverifikasi di Polres Balangan yang akan menjalani pemeriksaan awal. Dari 50 calon siswa Polri ini, 45 orang mendaftar sebagai Bintara, Tamtama 4 orang dan Akpol 1 orang.

Untuk tinggi badan, menurut dia, khusus Bintara dibagi 2 macam,  ada bintara umum ada bintara Teknik Imformatika (TI) di mana tinggi badan peserta untuk Akpol,  tamtama, dan bintara umun adalah pria 165 cm, wanita 160 cm dan untuk bintara TI pria 160 cm dan wanita 155 cm.

“Untuk seleksi, kami jamin tidak ada prektik curang termasuk mengunakan uang.  Jangan menggunakan uang untuk mempermudah lulus dalam tes kepolisian, sediakan uang cuma untuk biaya hidup selama mengikuti tes di Polda Kalsel nanti. Apabila ditemukan peserta yang melakukan pratek politik uang untuk meluluskannya dalam tes ini,  yang bersangkutan langsung digugurkan, dan bagi oknum polisi yang menerima uang akan diberikan sanksi pemecatan dengan tidak hormat,” tuturnya.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.