13 Kabupaten/Kota Adu Otak di Kejurprov Catur se-Kalimantan Selatan

1

SELEKSI atlet pecatur andal dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan meramaikan kejuaran provinsi (kejurprov) yang berlangsung sejak 14-16 April 2017 di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan. Mereka harus berlaga untuk membuktikan menjadi pecatur terbaik sebagai ajang pemanasan menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel di Tanjung, Kabupaten Tabalong.

ADA dua kategori catur yang dipertandingkan dalam kejurprov yang dihelat Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kalimantan Selatan. Yakni, catur cepat 30 menit serta catur kilat 10 menit kurang 9 detik.

“Pesertanya cukup lengkap dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel yang turut berpartisipasi di Kejurprov Catur se-Kalimantan Selatan selama tiga hari ini. Ada kategori beregu dan perorangan yang dipertandingkan,” ujar Heriansyah, seorang wasit yang ditugaskan mengawasi jalannya pertandingan kepada jejakrekam.com, Jumat (14/4/2017) malam.

Untuk kategori peserta pecatur senior beregu putra terdiri masing-masing daerah mengutus 5 orang, dan 4 orang putrid. Begitupula, junior putri per regu 3 orang plus 4 pecatur untuk kategori junior putra. “Semua yang mengikuti kejuaraan ini sudah terseleksi di masing-masing daerah. Jadi, berbeda dengan turnamen terbuka, sehingga ada yang sudah bergelar master dan atlet yang sudah mengikuti berbagai even resmi boleh ikut dari kejuaraan provinsi ini,” ujar Heriansyah.

Sementara itu, ofisial dari Kabupaten Tanah Bumbu, Lukman Effendi mengungkapkan membawa 40 pecatur putra dan putri baik senior maupun junior untuk mengikuti Kejurprov Kalsel di Banjarmasin. “Awalnya, Kejurprov Kalsel ini rencananya digelar di Tanjung, Kabupaten Tabalong. Namun, karena daerah itu belum siap akhirnya dipindah ke Banjarmasin,” ujar Lukman.

Ia mengakui Kejurprov Catur se-Kalimantan Selatan ini merupakan ajang pembuktikan sekaligus pemanasan untuk mengikuti jenjang olahraga lainnya seperti kejurnas serta Porprov Kalsel di Kabupaten Tabalong pada September 2017 nanti. “Kami ingin memberikan yang terbaik bagi daerah,” tandas pelatih catur Percasi Tanah Bumbu ini.(jejakrekam)

Penulis  : Didi G Sanusi

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Didi G Sanusi

 

1 Komentar
  1. Putra berkata

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Permainan Catur
    Silahkan kunjungin web kami http://chess.gunadarma.ac.id/ kami menyediakan beberapa artikel mengenai permainan catur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.