Seleksi Paskibraka, Kalteng Target Masuk Tim 8 Nasional

0

JIKA sebelumnya seleksi peserta pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tingkat nasional digelar di Jakarta, kini tahun 2017 proses seleksi dilakukan di masing-masing provinsi. Untuk level Provinsi Kalimantan Tengah sendiri, seleksi paskibraka dijadwalkan pada 8-10 Mei 2017.

“HARAPAN kita yang terpilih di provinsi mampu bersaing di nasional, karena target kita bukan lagi masuk tim 45, itu sudah biasa. Paling tidak masuk dalam tim 8, yang merupakan orang-orang terpilih,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Tengah, Suhufi Ibrahim kepada wartawan di Palangkaraya, Rabu (12/4/2017).

Ia mengakui walau seleksi anggota paskibraka tingkat nasional tidak lagi dilakukan di ibukota negara. Namun, Suhufi menjamin proses seleksi akan transparan, bebas dari kepentingan siapapun. “Jangan sampai yang dipilih dan dikirim justru ditolak oleh pusat karena tidak memenuhi kriteria sehingga yang malu Kalteng. Ini artinya secara kelembagaan tidak berkepentingan, maka yang terpilih harus yang memenuhi syarat yang diminta pusat,”ujarnya.

Ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan, yakni kesehatan, harus sehat jasmani dan rohani serta fisik harus prima karena paskibaraka berhubungan dengan fisik sehingga tubuh harus sehat. Dalam seleksi nanti, akan ada dokter yang memeriksa kesehatan. Selain itu peraturan baris berbaris (PBB), psikotes, tes keterampilan baik kesenian musik dan tari dan juga ada pengetahuan umum lainnya.

Tim seleksi terdiri dari Polda Kalteng, Korem 102/Panju Panjung, Dinkes, Disbudpar, pengurus PPI dan Dipsora serta mantan paskibraka yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang paskibraka.
Jumlah peserta seleksi dari seluruh kabupaten/kota, sebanyak 56 orang. Setiap daerah mengirimkan 4 perawakilan terdiri dari 2 putra dan 2 putri. Para peserta nanti diseleksi untuk memilih masing-masing satu putra dan  putri untuk dikirim ke Jakarta.

Sebelumnya, perwakilan dari tiap provinsi sebanyak 4 orang terdiri dari 2 putra dan 2 putri dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi dan akan dipilih masing-masing satu putra dan putri.(jejakrekam)

Penulis  :  Tiva Rianthy
Editor   :   Didi G Sanusi
Foto      :   Tiva Rianthy

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.